KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Magang ke luar negeri seperti Jepang adalah salah satu jembatan untuk meningkatkan keterampilan melalui bimbingan oleh ahlinya secara langsung di Jepang.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi, setidaknya ada tiga manfaat yang akan dirasakan langsung oleh para pemagang.

Pertama, insentif atau penghasilan yang layak. Kedua, pertemanan yang dapat menjadi jejaring untuk mengarungi masa depan. Ketiga, pengalaman kerja.

“Oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Ada banyak kisah-kisah sukses dari kenshushei (magang di Jepang),” katanya dalam siaran pers Kemenaker, Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut kata Anwar, begitu besarnya manfaat magang di luar negeri tentunya juga sebanding dengan tantangan yang tidak mudah. Utamanya terkait adaptasi dengan budaya setempat.

“Di sana kita akan dididik untuk dapat memaksimalkan segala potensi yang dimiliki. Untuk itu, Anda harus bisa adaptasi dengan bahasa dan budaya setempat,” katanya.

Sebelumnya, Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, selama ini Indonesia telah menjalin kerja sama bidang pemagangan dengan beberapa negara sebagai upaya peningkatan keterampilan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, serta mengisi kebutuhan tenaga kerja terampil di negara tujuan pemagangan.

Indonesia telah melakukan kerja sama program magang di luar negeri dengan beberapa negara mitra yaitu Jepang, Qatar, dan Australia. Indonesia juga merupakan negara peringkat ketiga sebagai negara pengirim peserta magang setelah Vietnam dan China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.