KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – adalah sejenis jaringan parut pada kulit yang umumnya dialami banyak orang, terutama wanita .

Kondisi itu biasanya terjadi pada bagian dermis, lapisan tengah kulit yang terjadi akibat pertumbuhan kulit yang cepat, sehingga muncul pola atau garis elastis di bawah permukaan kulit.

Meski tidak berbahaya, namun kehadiran stretch mark ini bisa membuat wanita kehilangan rasa percaya diri mereka.

Cara mencegah stretch mark saat hamil

Pada , stretch mark bisa muncul akibat kulit yang meregang, kolagen melemah dan siklus produksi kolagennya sedang terganggu.

Hal ini menyebabkan munculnya seperti bekas luka halus yang biasanya terjadi di area paha, lengan, perut, hingga selangkangan.

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mencegah stretch mark muncul.

Mulai dari mengikuti jadwal olahraga yang aman, yang sehat, hingga rutinitas merawat kulit yang dilakukan secara teratur.

Berikut , seperti yang disampaikan Dr. Teena Thomas, konsultan senior obstetri & ginekologi dari Rumah Sakit Apollo Cradle & Kids, Bengaluru, India

1. Olahraga teratur

Olahraga secara teratur tidak hanya mencegah ibu hamil mengalami obesitas, tapi juga meningkatkan kebugaran fisik, meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah stretch mark.

Bagi ibu hamil, olahraga yang disarankan adalah dengan intensitas ringan atau sedang seperti bersepeda atau jalan cepat.

2. Selalu menggunakan losion

Pastikan sebelum keluar rumah selalu mengoleskan tabir surya di area tubuh yang rentan muncul stretch mark, seperti perut, lengan, dada dan paha.

Saat memilih losion atau pelembap sebaiknya yang mengandung vitamin A, E atau asam hialuronat.

Atau mintalah saran dokter untuk menggunakan pelembap jenis apa yang aman digunakan ibu hamil.

3. Eksfoliasi kulit

Kebiasaan eksfoliasi kulit secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah, serta meningkatkan selama masa kehamilan.

4. Penggunaan tabir surya

Tabir surya dapat mencegah kulit mengalami kerusakan dari efek buruk sinar matahari.

Untuk itu, pilihah produk yang mengandung tabir surya minimal SPF 15 atau yang aman bagi ibu hamil.

5. Minum air yang cukup

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga dapat membantu mempertahankan kekenyalan kulit dan menjaga elastisitasnya dengan baik.

6. Pola makan sehat

Pola makan yang sehat yang aman bagi ibu hamil sekaligus mencegah stretch mark adalah makanan yang mengandung vitamin D, asam lemak omega-3, vitamin C, vitamin E, dan vitamin a.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.