KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Badan Pangan Nasional ( Bapanas ) melakukan optimalisasi Mobil Logistik Pangan sebagai sarana pendistribusian pangan. Operasionalisasi sarana tersebut dilakukan dengan menggandeng Bank Pangan Indonesia atau Foodbank of Indonesia (FOI) serta asosiasi dan yayasan.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo mengatakan, mobil logistik tersebut mengangkut makanan sehat untuk masyarakat yang membutuhkan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Hari ini Mobil Logistik Pangan akan menyalurkan donasi kepada 5 PAUD Swadaya, yaitu di kecamatan Pisangan, Palmeriam, Jatinegara, Duren Sawit, dan Ciracas. Donasi tersebut berupa susu, biskuit, sarden, kecap, dan mie telur. Penyaluran ke PAUD ini sebagai bentuk concern kita untuk meningkatkan nutrisi dan gizi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,” ujar Arief saat melepas keberangkatan Mobil Logistik Pangan di Jakarta, Selasa, (10/1/2023).

Kegiatan penyaluran pangan melalui armada Mobil Logistik Pangan tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan dan terus-menerus.

Arief menjelaskan, pada tanggal 11 Januari 2023, Mobil Logistik Pangan telah dijadwalkan untuk menyalurkan donasi ke Pakuhaji Tangerang, pada 12 Januari akan menyalurkan ke dua lokasi lainnya di Jakarta, dan pada 13 Januari akan menyalurkan donasi pangan ke Sawangan Depok serta Ciawi Bogor.

“Dari sejumlah penyaluran tersebut, jumlah pangan yang diselamatkan dan disalurkan sejumlah sekitar 2.352 ton,” tutur Arief.

Selain melakukan penyaluran donasi pangan bagi masyarakat di sekitar Jabodetabek, sejak diluncurkan pada 20 Desember 2022, sarana Mobil Logistik Pangan juga telah berperan aktif menyalurkan pangan sehat kepada warga korban gempa Cianjur.

Sebelumnya, Bapanas telah menginisiasi kehadiran 3 unit Mobil Logistik Pangan dan 1 unit truk makanan (Food Truck) pada Desember 2022. Hal itu untuk mengumpulkan dan menyalurkan pangan berpotensi food waste kepada masyarakat yang membutuhkan.

Inisiasi Mobil Logistik Pangan dan Food Truck ini merupakan bentuk dari tindak lanjut komitmen kerja sama tentang Gerakan Pencegahan Food Waste dalam rangka Kewaspadaan Pangan Dan Gizi” yang disepakati Bapanas bersama 9 asosiasi dan lembaga penggiat pencegahan food waste.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.