KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Kerap terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara motor skuter matik atau skutik, terutama di jalan menurun. Peristiwa terbaru terjadi di Magelang, skutik tersangkut di atap rumah warga yang posisinya lebih rendah dari permukaan jalan.

Kecelakaan tunggal tersebut diduga disebabkan pengendara kehilangan kendali akibat rem yang blong begitu melewati kondisi jalan dengan tikungan sekaligus menurun.

Maka dari itu diperlukan tips khusus motor skutik ketika melewati jalan menurun dan menikung agar masyarakat lebih waspada. Simak penjelasannya!

Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal mengatakan, ada instrumen penting yang perlu diperhatikan setiap pengendara hendak melakukan perjalanan agar aman.

“Pertama, saat akan berkendara pastikan kondisi ban, rem, dan lampu sepeda motor (lampu utama, sein, dan lampu belakang) bisa berfungsi secara normal,” ucap Ali kepada Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Dia mengatakan dengan ban dan rem yang baik, maka peluang terjadinya kecelakaan di jalan akan berkurang. Sementara lampu, merupakan komponen penting lain yang berguna untuk melihat kondisi jalan bila lingkungan gelap.

Dalam menghadapi kondisi jalan menurun dan tikungan, perlu melakukan manajemen pengereman yang tepat.

“Gunakanlah rem secara bergantian, tujuannya agar temperatur komponen pengereman dalam kondisi ideal,” ucap Ali.

Pengereman dengan bergantian antara roda depan dan belakang, kata Ali, dilakukan agar menghindari panas berlebih pada kampas rem. Seperti yang diketahui ada fenomena brake fading yang merupakan salah satu jenis rem blong. Kampas rem bisa menyublim akibat suhu yang terlalu tinggi.

“Pada saat menemui turunan yang tidak terlalu curam dan pendek, gunakanlah rem secara bersamaan untuk meningkatkan efektivitas pengereman,” ucap Ali.

Dia mengatakan dengan rem yang bekerja secara bersamaan diharapkan laju kendaraan lebih stabil ketika dilakukan pengereman.

“Selain itu, perlu juga menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya agar bisa mengantisipasi jika terjadi bahaya mendadak,” ucap Ali.

Dia mengatakan segala sesuatu bisa terjadi di jalan. Bisa saja karena alasan tertentu seperti menghindari lubang, polisi tidur dan lain sebagainya pengereman dilakukan secara mendadak. Hal itu akan berbahaya bila tidak mengatur jarak aman dengan kendaraan di depannya.

“Maka dari itu, penting memperhatikan kondisi jalan di depan sejauh mungkin, agar pengendara tidak melakukan panic braking dan melakukan manuver berbahaya,” ucap Ali.

Jadi, begitu lah tips aman untuk skuter matik ketika melewati jalan menurun disertai banyak tikungan. Kuncinya, rem jangan sampai mengalami blong agar laju kendaraan tetap terkendali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.