KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Cristiano Ronaldo menjadi sasaran “larangan politik” di Piala Dunia 2022 saat ia membandingkan pesepak bola Portugal itu dengan Lionel Messi.

“Mereka telah menyia-nyiakan Ronaldo. Sayangnya, mereka memberlakukan larangan politik terhadapnya,” kata Erdogan saat berbicara di sebuah acara pemuda di provinsi Erzurum timur, dikutip dari Al Jazeera, Selasa (27/12/2022).

“Mengirim pemain seperti Ronaldo ke lapangan dengan hanya 30 menit tersisa untuk pertandingan merusak psikologinya dan menghilangkan energinya,” kata Erdogan.

“Ronaldo adalah seseorang yang membela perjuangan Palestina,” tambahnya.

Pemain berusia 37 tahun itu masuk sebagai pemain pengganti di paruh kedua pertandingan perempat final Piala Dunia melawan Maroko di mana Portugal kalah 1-0.

Mantan pesepak bola Manchester United dan Real Madrid itu juga pernah duduk di bangku cadangan saat Portugal menghadapi Swiss di babak 16 besar, tampil sebagai pemain pengganti.

Kekalahan melawan Maroko membuat Ronaldo, satu-satunya pemain yang mencetak gol di lima Piala Dunia terpisah, tersingkir dari apa yang kemungkinan besar akan menjadi Piala Dunia terakhirnya. Ronaldo pun tidak dapat menahan air matanya saat dia berjalan menuju ruang ganti.

Adapun, Ronaldo tidak pernah mengeluarkan pernyataan publik apapun tentang konflik Israel-Palestina, meskipun laporan palsu dan foto palsu muncul secara online.

Sebuah cerita beredar luas bahwa Ronaldo telah menyumbangkan 1,5 juta euro kepada warga Palestina setelah dia melelang penghargaan sepatu emas ditolak pada tahun 2019 oleh sebuah perusahaan manajemen olahraga yang mewakili pesepak bola tersebut.

Gambar Ronaldo memegang tanda bertuliskan “Bersama dengan Palestina” dalam bahasa Spanyol yang dibagikan secara luas secara online juga telah direkayasa dan sebenarnya merupakan ungkapan dukungan bagi para korban gempa bumi di Spanyol pada 2011.

Ronaldo digambarkan dengan syal Palestina di bahunya, tetapi itu mewakili Asosiasi Sepak Bola Palestina, dan mantan pemain Real Madrid dan Manchester United itu berdiri di samping kepala asosiasi itu, Jibril Rajoub.

Ronaldo juga telah bertemu dengan beberapa menteri Israel dan telah difoto mempersembahkan salah satu kaos sepak bolanya kepada Mantan Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz.