KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro adalah sebuah langkah baru dari semua smartphone Pixel sebelumnya. Terlepas dari pengemasan kelas flagship dengan harga yang dibanderol, Google juga bergantung pada integrasi antara hardware dan software yang kuat, untuk bisa menawarkan banyak fitur baru yang eksklusif.

Meski sebagian di antaranya dianggap gimmick, lainnya cukup bermanfaat dan akan meningkatkan penggunaan untuk aktivitas sehari-hari. Fitur-fitur ini juga menjadikan Pixel 6 begitu berbeda dari perangkat Android lainnya di pasaran, karena anda tidak akan mendapatkannya di tempat lain.

Berikut adalah beberapa di antara sejumlah fitur yang eksklusif yang bisa anda dapatkan dan nikmati di Pixel 6 dan 6 Pro.

Magic Eraser

Magic Eraser adalah salah satu fitur kunci yang begitu eksklusif untuk Google Pixel 6, dan menjadi hal yang utama dipromosikan Google. Fitur ini bekerja seperti namanya, yang secara ajaib akan menghapus atau menghilangkan konten yang tidak diinginkan dari foto yang diambil. Dengan cara ini, anda bisa menghapus objek atau orang yang dianggap mengganggu, yang masuk ke dalam frame saat anda mengambil foto.

Face Unblur

Kemudian ada juga fitur Face Unblur, yang bergantung pada machine learning yang dikembangkan Google untuk memastikan wajah subjek yang diambil akan selalu terlihat tajam dan jelas. Ini adalah masalah yang kerap terjadi pada kamera smartphone ketika mengambil gambar wajah seseorang ketika bergerak dengan cepat, sehingga terlihat kabur.

Google mengatasi masalah ini dengan mengambil foto dari kedua sensor kamera yang ada yakni, sensor utama dan sensor ultra-wide, dan kemudian menggabungkan keduanya. Ini hanya baru akan bekerja, ketika smartphone mendeteksi bahwa subjek yang akan diambil gambarnya bergerak terlalu cepat, atau pencahayaan tidak cukup yang bisa mengakibatkan hasil gambar blur atau buram.

Motion Camera

Mode gerak di aplikasi kamera Google Pixel 6 akan memungkinkan anda untuk menangkap gambar yang bergerak cepat dengan dua gaya, Action Pan dan Long Exposure.

Memang selalu memungkinkan untuk melakukan fotografi Long Exposure di hampir semua perangkat Android dengan mode kamera Pro, mode gerak di Pixel 6 membuat semua prosesnya jauh lebih mudah.

Action Pan, akan memungkinkan anda untuk menangkap foto dengan subjek utama terlihat sangat fokus dan tajam, sementara latar belakangnya semua dibuat kabur. Anda bisa mengambil gambar diam atau mengetuk tombol shutter and pan di smartphone untuk mengikuti ke mana subyek gambar bergerak.

Foto Long Exposure biasanya akan membutuhkan bantuan tripod, namun di Pixel 6 anda bisa melakukannya hanya dengan menggenggamnya di tangan. Ini bisa dilakukan berkat adanya chipset Tensor yang mampu mengidentifikasi subyek dan mengatur stabilitas gambar sesuai algoritma.

Real Tone

Dengan fitur Real Tone, Google menjadikan kamera Pixel 6 dan Pixel 6 Pro bekerja lebih efektif dalam menampilkan warna kulit manusia. Algoritma yang ada di kamera itu telah dipermak sedemikian rupa untuk bisa menyorot perbedaan warna kulit, sebuah aspek di mana kamera smartphone sebelumnya gagal menghadirkannya, karena kurangnya data sampel di machine learning.

Fitur ini juga akan meningkatkan fitur deteksi wajah dengan keseimbangan warna putih otomatis dan algoritma eskposure.

Live Translate

Live Translate akan membantu menerjemahkan pesan yang masuk secara real-time. Ini adalah pengembangan dari fitur Live Captions, yang sebelumnya telah disematkan di Android, jadi ini akan kompatibel dengan segala jenis aplikasi yang ada saat ini.

Misalnya, ketika anda mendapatkan beberapa pesan di Whatsapp dalam bahasa asing, smartphone Pixel 6 akan secara otomatis menampilkan opsi untuk menerjemahkannya ke bahasa yang anda pahami.

Dan hal ini dilakukan secara real-time, jadi anda bisa tetap mengetik dalam bahasa yang anda pahami, dan sistem akan menerjemahkannya langsung ke bahasa asing, begitu anda menekan tombol kirim.

Voice Typing Yang Lebih Pintar

Pixel 6 dan 6 Pro menawarkan fitur Voice Typing super cepat secara real time dengan akurasi yang telah ditingkatkan. Ini semua berkat teknologi Machine Learning dan AI yang ada di chipset Tensor.

Anda bisa mengeja tanda baca dan emoji, dan Pixel 6 akan mengenalinya. Model koreksi suara pada Pixel baru berbasis fonetik, dengan model pengucapan yang juga beradaptasi dengan preferensi anda dari waktu ke waktu.

Video HDRnet

Smartphone Pixel selama ini kurang begitu dikenal dengan kemampuan perekaman video-nya. Google ingin memperbaiki hal ini dengan menerapkan teknologi HDRnet, yang bisa bekerja pada video dengan resolusi sampai 4K 60fps.

Codec yang ada juga memungkinkan akurasi warna yang tinggi, ketika merekam video. Ini adalah codec yang sama yang digunakan Google pada setiap foto yang diambil oleh Pixel. Berkat chipset Tensor, kini Google bisa menerapkannya untuk video juga.

Kunci Kendaraan Digital

Anda bisa juga memanfaatkan smartphone Pixel 6 dan Pixel 6 Pro sebagai kunci digital kendaraan anda, yang saat ini sudah mendukung adalah mobil keluaran terbaru BMW.

Fitur ini memungkinkan anda mengunci atau membuka kunci pintu mobil, hanya dengan memegang smartphone ini di samping gagang pintu mobil. Anda juga menyalakan mesin mobil dengan menempatkan smartphone pada bagian pengisian wireless yang telah disediakan.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.