KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Citiasia kembali menyelenggarakan Indonesia Smart Nation Award 2022 (ISNA 2022), acara penghargaan kepada pemerintah daerah yang memiliki inovasi berbasis smart city. Pada acara yang digelar 17 November 2022 tersebut, ISNA akan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah melahirkan inovasi dan berdampak langsung kepada masyarakat.

Pada pagelaran ISNA 2022 ini, Citiasia akan memberikan penghargaan pada dua kategori, yaitu smart economy dan smart branding. Hal ini berbeda dengan penyelenggaraan ISNA sebelumnya, yang menyentuh enam pilar smart city.

Menurut Fitrah R. Kautsar (CEO Citiasia), pemilihan dua kategori ini memang diselaraskan dengan tema besar ISNA tahun ini, yaitu mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi. “Smart economy dan smart branding menjadi area yang penting untuk membangkitkan kembali ekonomi daerah,” ungkap Fitrah.

Melalui strategi smart branding yang tepat, pemerintah daerah dapat meningkatkan ekosistem pariwisata dan bisnis yang dampaknya langsung terasa di masyarakat. Sedangkan smart economy pemerintah daerah dapat mendorong pelaku UMKM maupun industri yang kompetitif sehingga meningkatkan pendapatan warga.

Mendorong Inovasi Smart City

Untuk proses penilaian sendiri, Citiasia membuat framework khusus yang memperhitungkan berbagai faktor. Salah satunya menilai inovasi yang dilakukan pemerintah daerah selama ini. “Saat ini kami memiliki data quick win dari pemerintah daerah yang terlibat di Gerakan Menuju Smart City,” ungkap Fitrah.

Data itu kemudian dikombinasikan dengan hasil evaluasi kementerian, seperti KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB) serta IGA (Indonesia Government Award milik Kemendagri). Penilaian juga memasukkan respon warga dari masing-masing daerah yang dihitung dari survei langsung serta analisis di media sosial.

Dengan kombinasi dari berbagai parameter tersebut, penghargaan ISNA 2022 diharapkan dapat menangkap inovasi smart city yang hasilnya benar-benar dirasakan masyarakat.

Prosesi ISNA 2022 sendiri saat ini sudah masuk ke tahap nominasi. Nominator ini kemudian akan dinilai lebih lanjut oleh tim juri yang terdiri dari berbagai latar belakang seperti Cahyana Ahmadjayadi (Senat Telkom University), Ashwin Sasongko (BRIN), Farid Subkhan (pakar smart city), serta Berly Martawardaya (Dosen FEUI).

Acara penghargaan sendiri akan dilakukan pada 17 November 2022 di ICE BSD, bersamaan dengan pameran Indobuildtech 2022. Selain memberikan penghargaan, acara ini juga akan diisi gelar wicara yang membahas pentingnya kolaborasi dalam pemulihan ekonomi dan branding daerah pasca pandemi.

“Kami berharap, ISNA 2022 dapat membangun kesamaan persepsi di pemerintah daerah mengenai pentingnya melakukan inovasi smart city yang memberikan dampak maksimal kepada masyarakat,” tambah Fitrah.