KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Traveling mulai kembali bergairah, liburan ke luar negeri pun jadi incaran. Tapi ternyata ada beberapa negara yang sangat sulit dijangkau.

Dokumen penting yang dibawa saat liburan ke luar negeri adalah visa. Dari 195 negara di dunia, Indonesia membolehkan warganya berkunjung ke 71 negara tanpa visa.

Dilansir dari Times of India, ada beberapa negara yang sulit mengeluarkan visa karena alasan politik dan masalah keamanan.

Berikut adalah negara-negara sulit dikunjungi karena kebijakan visa yang super ketat.

1. Turkmenistan

Turkmenistan merupakan salah satu negara yang paling jarang dikunjungi di dunia, karena kebijakan visanya yang ketat. Hanya orang-orang dari Kazakhstan, Uzbekistan, dan mereka yang memiliki paspor diplomatik yang dapat mengunjungi negara itu tanpa banyak kesulitan.

Tetapi jika kamu orang luar, kamu akan memerlukan sejumlah dokumen termasuk tiga salinan formulir aplikasi visa yang telah diisi dan surat undangan dari Layanan Migrasi Negara Bagian Turkmenistan. Ada pula beberapa persyaratan lain selain ini.

2. Korea Utara

Korea Utara adalah salah satu negara Asia Timur yang telah menciptakan dunianya sendiri dalam bentengnya. Korea Utara dianggap sebagai negara yang paling sulit untuk dimasuki sebagai pengunjung.

Mereka yang ingin mengunjungi negara tersebut harus mengajukan permohonan visa melalui agen wisata yang disetujui pemerintah yang menyelenggarakan tur.

Tapi, bagi pemegang paspor Amerika Serikat atau Korea Selatan, kamu tidak bisa masuk ke Korea Utara. Tur selalu dipandu di sini dan orang luar tidak diizinkan untuk berbicara dengan penduduk setempat, ada juga beberapa batasan lain yang harus dipatuhi pengunjung.

3. Chad

Chad, sebuah negara Afrika Tengah, yang hanya mengizinkan 14 negara akses bebas visa. Namun, mendapatkan visa Chad adalah salah satu tugas yang paling rumit. Pertama, turis harus mendapatkan surat undangan yang prosesnya sangat menyulitkan dari pemerintah Chad.

Itu sebabnya orang memilih untuk tidak melakukan perjalanan ke Chad, sehingga menjadikannya negara yang paling jarang dikunjungi di dunia.

4. Afganistan

Skenario sosial-politik Afghanistan baru-baru ini telah mempersulit orang luar untuk masuk ke negara itu. Untuk saat ini, sangat disarankan untuk tidak bepergian ke Afghanistan, karena negara itu belum aman bagi pengunjung. Karena itu, pihak kedutaan enggan memberikan visa demi keselamatan wisatawannya.

5. Eritrea

Negara Afrika Utara lainnya adalah Eritrea, yang merupakan negara kecil yang kurang dikenal. Letak Eritrea di tepi Laut Merah. Negara ini sering dianggap sebagai ‘Korea Utara Afrika’ karena status politiknya. Jika kamu pernah mengajukan permohonan visa, sama sekali tidak ada jaminan akan mendapatkannya.

6. Nauru

Ini adalah sebuah negara di Oceania. Nauru salah satu negara yang paling jarang dikunjungi di dunia. Hal itu mengingat lokasinya yang terpencil dan konektivitas yang buruk. Negara ini adalah salah satu yang paling sulit untuk dikunjungi. Aturan visanya juga cukup ketat.

7. Somalia

Somalia adalah negara Afrika Utara yang secara resmi dikenal sebagai Republik Federal Somalia. Jika kamu pernah ingin memasuki Somalia sebagai turis, kamu harus berpikir ulang, karena tidak hanya sulit, tetapi juga sangat tidak disarankan.

Indeks Perdamaian Global telah menempatkan Somalia di urutan ke-6 sebagai salah satu tempat paling tidak aman untuk dikunjungi di dunia, karena kerusuhan politik. Karena itu, kedutaan tidak mengeluarkan visa pengunjung dengan mudah.