KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Microsoft Teams baru saja meluncurkan perbaikan untuk bug yang berbahaya dan serius, yang membuat pengguna Android tidak bisa melakukan panggilan 911 ke polisi, dan pengguna pun sangat disarankan untuk segera mengunduh dan memasang perbaikan tersebut. Microsoft telah memperbaiki masalah itu dengan cukup baik dalam pembaruan terbaru di aplikasi Teams.

Seorang pengguna di Reddit sebelumnya menemukan bug ketika dirinya mencoba menelepon polisi di 911 dari smartphone Pixel 3 miliknya, yang kemudian mendapatkan tanggapan dari pihak Google. Perusahaan mengatakan bahwa masalah itu terpicu oleh ‘interaksi yang tidak terduga’ antara sistem operasi Android dengan aplikasi Teams.

Pihak Google menjelaskan bahwa masalah ini hanya berdampak pada pengguna yang menggunakan perangkat Android 10 atau yang lebih baru, dan memiliki aplikasi Teams yang terpasang namun tidak login ke akun. Namun, Google masih menyarankan para pengguna dengan Android 10 atau yang lebih tinggi untuk mencopot Teams, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apabila saat ini anda masih belum mencopot aplikasi Teams, pastikan anda untuk segera memperbaruinya. Aplikasi Teams versi 1416/1.0.0.2021194594 telah memperbaiki masalah tersebut, yang ternyata membuat duplikat instance dari class PhoneAccount di sistem operasi Android. Itu adalah sebuah fungsi yang memungkinkan aplikasi untuk membuat atau menerima panggilan telepon.

Banyak aplikasi Android memiliki fitur panggilan yang akan membuat instance PhoneAccount, namun dalam kasusnya Teams, itu membuat terlalu banyak instance dari yang seharusnya, ketika pengguna tidak login ke aplikasi.

Dijelaskan juga bahwa versi Teams yang telah diperbarui itu tidak akan lagi membuat instance PhoneAccount yang terduplikasi lagi, dan juga akan membersihkan instance PhoneAccount yang sebelumnya telah dibuat ketika aplikasi diluncurkan.

Tak hanya Microsoft yang dibuat kelabakan dengan masalah ini, namun pihak Google juga berencana untuk menerbitkan pembaruan ke Android yang dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 4 Januari mendatang. Jadi diharapkan itu nantinya akan memperbaiki segala hal yang selama ini bermasalah. Anda bisa memasang dan memperbarui Microsoft Teams yang telah diperbarui itu lewat Google Play Store.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.