KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Laporan sejumlah analis menyebutkan bahwa Motorola berkinerja cukup baik di pasar Amerika Serikat. Keberhasilan brand ini bisa dikaitkan dengan jajaran ponsel 5G budget dan kelas menengah yang kuat, yang merupakan sebagian besar portofolio smartphone mereka.

Motorola tidak benar-benar bersaing di tingkat smartphone premium di mana Samsung dan Apple mendominasi, tetapi mereka sudah mulai merilis beberapa ponsel tepat di bawah kelas tersebut. Tahun lalu menjadi penanda kembalinya Motorola ke kelas smartphone flagship dengan seri Edge generasi pertama, dan baru saja mereka meluncurkan Motorola Edge (2021).

Motorola Edge (2021) adalah penerus model Edge standar dari tahun 2020, bukan Edge Plus di kelas flagship. Dibandingkan dengan Motorola Edge (2020), ponsel baru ini memiliki fitur perangkat keras dan perangkat lunak yang diperbarui tanpa kenaikan harga.

Motorola Edge (2021) juga sangat mirip dengan Motorola Edge 20 yang baru-baru ini diluncurkan di Eropa, tetapi model Amerika Utara memiliki baterai dan layar yang lebih besar sedangkan model Eropa memiliki kamera sudut lebar beresolusi lebih tinggi dan telefoto zoom 3X, tanpa sensor kedalaman. Terlepas dari perbedaan ini, Motorola Edge (2021) masih merupakan smartphone kelas menengah yang tidak bisa dianggap sebelah mata, terutama jika membelinya dengan harga pre-sale.

Spesifikasi

Motorola Edge 2021 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 778G, chipset 6nm dengan CPU octa-core dan GPU Adreno 642L. Chipset ini memiliki modem 5G terintegrasi dan dipasangkan dengan modul konektivitas yang mendukung Wi-Fi 6GHz. Perangkat dikonfigurasikan dengan RAM 6 atau 8GB dan penyimpanan internal 128 atau 256GB. Baterainya berkapasitas 5.000mAh, dan dapat diisi melalui pengisi daya Motorola TurboPower 30W.

Di bagian depan, Motorola Edge (2021) memiliki panel LCD besar 6,8 inci dengan resolusi piksel full HD Plus dan kecepatan refresh hingga 144Hz. Layar memiliki lubang di tengah untuk kamera depan 32MP. Kamera ini menggunakan binning piksel 4-in-1 untuk menghasilkan selfie 8MP, dan Motorola mengatakan bahwa pengambilan HDR telah diaktifkan untuk mode potret khusus.

Di bagian belakang, ponsel ini memiliki pengaturan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 108MP, kamera ultra-wide-angle 8MP yang berfungsi ganda sebagai kamera makro, dan sensor kedalaman 2MP. Ponsel ini dapat merekam video biasa hingga resolusi 4K, video slow motion hingga 960fps, dan fitur “Audio Zoom” untuk memfokuskan mikrofon di mana pun ponsel merekam.

Sebuah fitur kamera baru memulai debutnya di Motorola Edge (2021) ini, yang disebut “Low Light Selfie AI” yang mampu mengidentifikasi area dalam foto yang membutuhkan peningkatan detail, bayangan, dan warna. Fitur ini menganalisis satu bingkai berbeda dengan mode Night Vision yang menumpuk 8 bingkai menjadi satu bidikan. Fitur ini juga berfungsi pra-pengambilan di jendela bidik, sehingga pengguna bisa melihat preview seperti apa tampilan bidikan sebelum mengambilnya.

Fitur kamera lainnya termasuk pengambilan senyum otomatis, komposisi cerdas, pengoptimalan bidikan, dan kamera pengambilan ganda. Kamera pengambilan ganda telah ditingkatkan untuk memungkinkan pengambilan dari dua kamera manapun secara bersamaan. Sebelumnya, fitur tersebut hanya mendukung pengambilan simultan dari kamera utama yang menghadap ke depan dan belakang.

Dari segi perangkat lunak, Motorola Edge (2021) menjalankan Android 11 out of the box, dengan 2 tahun pembaruan sistem operasi yang dijanjikan dan 2 tahun pembaruan keamanan dua bulanan. Menggunakan skin Motorola di atas Android 11, dengan fitur tambahan seperti aplikasi My UX untuk penyesuaian dan konfigurasi gerakan, Moto Power Touch yang meluncurkan baki aplikasi dengan mengetuk dua kali tombol daya, dan Motorola “Ready For” yang memungkinkan pengguna mengubah ponsel mereka menjadi desktop seluler.

“Ready For” telah menerima peningkatan besar dengan peluncuran seri Motorola Edge 20 dan Edge (2021) karena kini fitur tersebut dapat bekerja secara nirkabel, memungkinkan pengguna untuk memproyeksikan tampilan ponsel atau UI mode desktop ke layar lain. Aplikasi “Ready For PC” baru untuk desktop juga telah dirilis, memungkinkan pengguna mengakses aplikasi dan file PC di layar yang sama.

Harga dan Ketersediaan

Motorola Edge (2021) akan mulai pre-sale mulai pekan ini, sebelum dijual ke publik mulai tanggal 2 September. Ponsel ini akan tersedia dalam warna Nebula Blue. Harganya Rp10 jutaan, tetapi Motorola mengadakan penawaran khusus dengan diskon menjadi Rp7 jutaan dengan jangka waktu terbatas.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.