KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Ajang Consumer Electronics Show (CES) 2023 menghadirkan banyak teknologi inovatif dan terkadang unik. Salah satunya “Fufuly”, yakni bantal yang bergetar ketika dipeluk untuk mengurangi kecemasan (anxiety).

Fulfuly diperkenalkan oleh Yukai Engineering, perusahaan Jepang yang sempat terkenal dengan produk bantal ekor kucing bernama “Qoobo”. Tujuan Fufuly dan Qoobo serupa, yakni membuat penggunanya lebih tenang.

Pertanyaannya, kok bisa bantal getar mengurangi kecemasan? Dikutip dari Engadget, Jumat (6/1/2023), bantal tersebut ini memberikan denyut ritmis yang lembut sebagai alat terapi utama.

Saat pengguna memeluk Fufuly, getaran yang dihasilkan akan mendorong pernapasan lebih teratur dan lebih dalam. Bentuk bantal itu terasa lebih seperti makhluk lembut yang tertidur di lengan. Bahkan, suara mekanis yang pelan dari bantal tersebut terasa seperti dengkuran kucing.

Dalam proyek ini, Yukai Engineering bermitra dengan Universitas Tokyo, yang meneliti fenomena sinkronisasi ritmis antara individu atau antara individu dan objek, saat mereka berinteraksi satu sama lain.

“Menggunakan bantal hanya 5 menit dapat mengurangi tingkat stres pengguna dan membuat mereka lebih waspada,” kata CEO Yukai Engineering, Shunsuke Aoki.

Aoki mengatakan bahwa Fufuly akan diluncurkan di Jepang tahun ini melalui penggalangan dana (crowdfunding), diikuti oleh peluncuran global. Namun belum ada harga yang diumumkan oleh perusahaan.