KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Hari ke-306 invasi Rusia ke Ukraina ditandai dengan permintaan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba agar Rusia dikeluarkan dari Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, serangan drone terjadi di pangkalan udara Rusia dan pasukan pro-Kyiv dituduh sebagai pelakunya.

Rangkuman perang Rusia- Ukraina terkini pada Senin (26/12/2022) dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

1. Ukraina Akan Minta Rusia Dikeluarkan dari Dewan Keamanan PBB

Ukraina berencana meminta agar Rusia dikeluarkan dari anggota tetap Dewan Keamanan PBB pada Senin (26/12/2022), kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

“Besok (Senin) kami akan secara resmi mengungkapkan posisi kami. Kami memiliki pertanyaan yang sangat sederhana: Apakah Rusia berhak menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan berada di PBB?” katanya saat berbicara di stasiun tv nasional, Minggu (25/12/2022) malam.

“Kami memiliki jawaban yang meyakinkan dan beralasan–tidak, tidak berhak,” lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca .

2. Serangan drone kembali tembus wilayah Rusia

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pertahanan udaranya menembak jatuh drone Ukraina yang terbang di ketinggian rendah sekitar pukul 01.35 waktu setempat pada Senin (26/12/2022).

Sebanyak tiga prajurit Rusia tewas karena luka yang disebabkan oleh puing-puing drone, tambahnya dikutip dari BBC pada Senin (26/12/2922).

Sebelumnya, pengguna media sosial mengunggah video suara seperti ledakan dan sirene udara terdengar di lapangan terbang Engels.

Baca .

3. Menengok Kuburan Massal Rudal Rusia di Kharkiv

Kharkiv, kota di Ukraina timur, memiliki “pemakaman” yang unik, yang mengingatkan orang akan beberapa kerusakan terburuk yang terjadi sejak invasi Rusia.

Pemakaman itu berupa puing-puing roket yang digunakan untuk menyerang kota tersebut dan penduduknya.

Di kuburan itu terdapat lebih dari 1.000 rudal, atau bagian-bagian rudal. Otoritas lokal berharap mereka bisa membantu memberi informasi untuk setiap kasus tuntutan terhadap otoritas dan tentara Rusia.

Baca .

4. Rusia tuduh Pasukan Pro-Ukraina lakukan serangan drone di pangkalan militernya

Moskwa pada Senin (26/12/2022) mengatakan, pihaknya menggagalkan serangan drone Ukraina baru di pangkalan militer pengebom strategis, ratusan kilometer dari perbatasan bersama mereka.

Rusia menjatuhkan drone tersebut di Engels, pangkalan pesawat strategis negara yang menurut Kyiv digunakan untuk menyerang Ukraina. Sebanyak tiga prajurit tewas tertimpa puing-puing, kata otoritas regional.

Pada hari yang sama, badan keamanan domestik Rusia mengatakan, telah membunuh empat penyabot Ukraina, yang diduga berusaha memasuki Rusia melalui wilayah perbatasan.

Moskwa menuduh pasukan pro-Ukraina menargetkan situs militer Rusia dan infrastruktur sipil, termasuk meledakkan jembatan yang menghubungkan Crimea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.