KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Sudahkah kamu pakai sunscreen setiap hari? Kalau belum, coba pertimbangkan untuk memakai produk perawatan kulit satu ini. Soalnya sunscreen punya segudang manfaat buat kulit, mulai dari melindungi dari sunburn, penuaan dini, sampai melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV.

Bahkan sunscreen adalah salah satu skincare yang para dermatologist rekomendasikan untuk selalu digunakan saat beraktivitas. Penggunaan sunscreen juga nggak terbatas usia maupun gender. Semua orang diharuskan menggunakan sunscreen bila ingin kulit selalu sehat.

Sayangnya, kadang penggunaan sunscreen memberikan sensasi kurang menyenangkan pada kulit pemakaianya. Misalnya membuat wajah jadi tampak terlalu putih karena white cast, atau sensasi kulit yang terasa berat dan berminyak. Sensasi-sensasi seperti inilah yang membuat orang enggan menggunakan sunscreen.

Demi tetap memenuhi kebutuhan konsumen, banyak produsen kecantikan melakukan inovasi agar produk sunscreen tetap wearable saat digunakan. Karena itulah mulai banyak bermunculan produk sunscreen yang diklaim ringan namun tetap bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Salah satu produk yang dimaksud adalah Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel.

Tentang Produk

Hydrasoothe Sunscreen Gel adalah salah satu produk tabir surya dari brand lokal kenamaan Azarine. Produk ini sempat menjadi perbincangan lho di media sosial, karena banyak yang memberikan ulasan positif akan manfaat dan sensasinya yang nyaman saat digunakan pada wajah. Tak heran, Azarine berkali-kali harus restock sunscreen ini karena demand costumer yang membludak.

Azarine sendiri adalah brand lokal yang bergerak dibidang kecantikan terutama dalam menawarkan berbagai macam produk kosmetik dan spa. Perjalanan Azarine sendiri sebenarnya cukup panjang sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan re-branding dan menyasar pasar ritel.

Didirikan tahun 2002, mulanya Azarine merupakan bisnis produk spa berbahan herbal pada segmentasi salon dan hotel. Empat belas tahun kemudian, yakni pada 2016, setelah didirikannya PT Wahana Kosmetika Indonesia, Azarine memutuskan untuk melakukan re-branding baik dari segi target pasar maupun pada metode peningkatan kualitas produk-produknya.

Pada tahun 2017, Azarine akhirnya resmi memiliki indentitas sebagai brand produk kosmetik dan spa yang bisa langsung dibeli oleh para konsumen. Walau terbilang baru dalam menapaki pasar ritel, nyatanya produk-produk Azarine cukup banyak diminati oleh masyarakat.

Hal ini karena produk kosmetik Azarine dibanderol dengan harga affordable dengan kualitas yang tak kalah dari produk brand lain yang sudah lama bertengger di pasar kosmetik Indonesia. Dan semenjak saat itulah nama Azarine semakin populer di telinga masyarakat Indonesia.

Klaim dan Benefit

Hydrasoothe Sunscreen Gel merupakan tabir surya dalam bentuk gel yang berfungsi untuk melembabkan, menenangkan dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Produk ini diperkaya dengan berbagai ekstrak alami yang bermanfaat bagi kulit wajah seperti propolis, aloe vera, green tea, dan pomegranate.

Tekstur gel dari sunscreen juga dingin serta ringan, sehingga produk akan mudah diserap kulit tanpa meninggalkan white cast setelah pengaplikasian. Lebih lengkapnya, manfaat Hydrasoothe Sunscreen Gel yang diklaim Azarin adalah sebagai berikut:

    Nggak lengket di kulit

    Mudah menyerap

    Light formula

    Perlindungan penuh broad spectrum

    Oil-free

    Alcohol-free

    Silicone-free

    For all skin types

Selain klaim dan benefit di atas, saya juga menemukan simbol dan label khusus yang tertera pada kemasan Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel ini. Simbol dan label yang dimaksud adalah seperti berikut:

    12 Month PAO (Period After Opening)

    The Green Dot Symbol

    Paraben-Free

    NO TEA

Sayangnya, saya nggak menemukan label sertifikasi halal MUI dari sunscreen ini. Sehingga saya belum bisa memastikan kehalalan bahan-bahan yang digunakan atau jalannya pemrosesan dalam produksi sunscreen ini. Yang pasti, produk ini aman untuk digunakan karena sudah tertera nomor BPOM pada kemasannya.

Cara Pemakaian

Untuk menggunakan Azarine Hydrasoothe Suncreen ini kamu hanya perlu mengoleskannya secara tipis dan merata pada bagian wajah, leher, tangan dan bagian tubuh lainnya yang rentan terkena sinar matahari. Aplikasikan produk 15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, dan jangan lupa juga untuk re-apply setiap 2 jam atau ketika produk terasa luntur dari kulit.

Fun Fact

Pada tanggal 22 Mei 2021, Azarine mengumumkan lewat akun media sosialnya bahwa Hydrasoothe Sunscreen Gel versi terbaru menggunakan new improved formula. Azarine menghilangkan fragrance dalam formulasi terbaru sunscreen ini, sehingga akan lebih aman digunakan pemilik kulit sensitif.

Tapi perlu diingat, Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel yang akan saya review kali ini masih menggunakan formulasi yang lama. Jadi kamu akan tetap melihat adanya kandungan fragrance yang tertera dalam ingredients list.

Kemasan

Bila biasanya produk-produk kosmetik dikemas dengan perpaduan warna yang terkesan soft atau bold, Azarine dengan berani menggunakan palet warna yang bright pada kemasan Hydrasoothe Sunscreen Gel. Perpaduan warna yang dimaksud adalah kuning, toska, putih dan sedikit sentuhan silver. Kombinasi warna-warna tersebut membuat tampilan kemasan sunscreen menjadi sangat eye-catching.