KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com

SEMARANG, KOMPAS.com – Gaya mengemudi mobil jadi salah satu cara mendapatkan efisiensi bahan bakar minyak (BBM). Apalagi ditambah mematikan air conditioner ( AC ).

Sejumlah teori dan pendapat menyebutkan, mengemudi tanpa AC menjadi solusi menghemat bahan bakar. Hal tersebut karena beban AC untuk memutar kompresor diklaim mencapai 30 persen dari total kemampuan mesin.

Namun, efesiensi bahan bakar baru bisa didapat bila pengemudi benar-benar menutup rapat semua kaca mobil. Karena bila AC di matikan namun kaca dibuka, hasilnya malah bisa lebih boros.

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, mobil yang mematikan AC tapi membuka kaca, membuat hambatan angin yang masuk ke dalam kabin jadi begitu besar. Bukan irit , hasilnya malah berbanding terbalik.

“Otomatis akan berat, mobil saat kecepatan tinggi dengan kaca terbuka 3/4 atau setengah, itu sudah mendapatkan hambatan aerodinamis yang besar. Bukan irit tapi boros, tekanan udara dari luar dan dalam sekaligus,” kata Bambang kepada Kompas.com, Selasa (27/12/2022).

Bila kaca tertutup rapat, lubang ventilasi yang dijadikan untuk tempat celah masuk udara luar jadi vakum. Laju mobil seakan tak terbebani sedikitpun, alhasil jadi lebih maksimal.

Menurut Bambang, beban komponen AC mobil juga tak seberapa besar. Jika di rata-rata jauh lebih berat daripada menanggung beban dari aerodinamika kendaraan.

“Kehilangan aerodinamis itu parah sekali. Hambatan angin dimana-mana, itu kasusnya hampir mirip bawa muatan overload. Perhitungan tenaga dan bahan bakar yang terbuang presentasenya jauh dibandingkan berkendara AC hidup di setelan suhu kabin maksimal, paling dingin,” tuturnya.

Dengan demikian, untuk penggunaan harian sebenarnya memang menyalakan AC tidak terlalu berpengaruh besar pada efisiensi bahan bakar mobil.

Saat berkendara eco driving , Bambang menyarankan, setelan AC pun bisa di atur sedemikian, tentu tujuannya adalah bahan bakar bisa lebih dihemat.

Blower dibuka nomor satu dan setelan suhu di posisi setengah ke bawah. AC secara umum, tak seberapa signifikan, yang bikin boros itu akselerasi dan deselerasi,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.