KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Mobil baru yang menghiasi pasar otomotif Indonesia periode September dan Oktober 2022 tergolong sepi. Totalnya tak lebih dari empat mobil baru yang mengaspal di bulan lalu dan bulan ini.

Berdasarkan catatan Carmudi sepanjang September hanya ada satu mobil baru, sedangkan di Oktober cuma dua mobil baru saja yang diluncurkan oleh Agen Pemegang Merek (APM).

Ketiga model mobil baru tersebut datang dari tiga merek kendaraan yang berbeda, seperti Land Rover, Toyota dan Jaguar.

(Foto: Carmudi)

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar mobil baru yang meluncur September dan Oktober

Isi Konten [show]

Mobil Baru September dan Oktober 2022

New Range Rover

PT JLM Auto Indonesia sebagai distributor tunggal dari Jaguar Land Rover di Indonesia meluncurkan New Range Rover pada 26 September 2022.

Generasi kelima dari Range Rover ini mendapat sentuhan aksen teranyar di beberapa bagian seperti di sisi gril, bumper, interior hingga material jok, sehingga membuatnya tampil lebih kekinian.

SUV asal Inggris ini tersedia dalam berbagai varian yang telah dibekali dengan teknologi mild hybrid dan turbocharger. Dengan teknologi tersebut mobil ini diklaim mampu mencapai kecepatan maksimal 242 km/jam.

Ada juga di antara varian yang ditawarkan mengadopsi sistem penggerak semua roda (All Wheel Drive/AWD).

New Range Rover dibanderol mulai dari Rp5,9 miliar off the road sampai dengan di atas Rp6 miliar.

Toyota All New Vios

Membuka awal bulan 10 tahun ini atau tepatnya 12 Oktober, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mendatangkan mobil baru dari segmen sedan yaitu All New Vios.

Generasi keempat dari Vios satu ini mengalami pembaruan yang terbilang sangat banyak. Adapun bagian-bagian yang mendapat pembaruan antara lain platform, eksterior, interior, mesin, dan fitur keselamatan.

All New Vios

All New Vios kini menggunakan platform terbaru milik Daihatsu, yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Penggunaan DNGA membuat lebar tubuh Vios teranyar bertambah sekira 10 mm dari model terdahulu, sekarang menjadi 1.740 mm.

Meski tubuhnya bertambah lebar Toyota klaim Vios generasi terbaru tetap lincah dalam bermanuver, dan tentunya memberikan kenyamanan lebih karena kabin lega.

Sementara itu, jarak sumbu roda (wheelbase) pun bertambah 70 mm menjadi 2.620 mm dari generasi sebelumnya.

Panjang All New Vios di sisi lain yakni 4.410 mm dan tinggi 1.480 mm.

Eksterior Vios baru mengusung gaya Keen Look yang sporty dan powerful, sedangkan interiornya hadir dengan tema elegant serta powerful.

Adapun daftar fitur unggulannya seperti, panel instrumen berukuran 7-inch TFT dan Digital LED Speedometer, Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan antarmuka 4 pattern, dan Electric Parking Brake.

Selain itu ada juga mode berkendara (Eco, Normal, Sport) yang disematkan khusus di Vios varian G.

Sistem hiburan kabin terpasang head unit layar sentuh 9 inci yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.

All New Vios juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan milik Toyota, yaitu Toyota Safety Sense (TSS). Di dalamnya terdapat 9 fitur keselamatan seperti Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam (AHB), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Allert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC), Front Departure Alert (FDA).

Sumber tenaga Vios terbaru kini berasal dari mesin baru berkode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder. Mesin tersebut diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal 104 hp pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm.

Tenaga disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis jenis CVT.

Harga All New Vios

TAM meniagakan sedan entry levelnya itu dalam tiga varian dengan harga mulai dari Rp300 jutaan. Berikut incian harga semua varian All New Vios yang berlaku di wilayah DKI Jakarta (on the road Jakarta)

Jaguar I-Pace

Mobil listrik Jaguar I-Pace menjadi mobil baru terakhir yang diluncurkan oleh APM jelang tutup Oktober 2022.

Jaguar I-Pace

Jaguar I-Pace bukan nama yang asing di dunia otomotif, mobil tanpa emisi itu telah melakukan debut global pada 2018, empat tahun kemudian baru masuk pasar Indonesia.

Tampil dengan desain yang elegan, aerodinamis, dan didukung baterai 90kWh, Jaguar I-Pace mampu menghasilkan tenaga 394 hp. Besaran tenaga yang dihasilkannya memungkinkan mobil melaju dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam 4.8 detik dan mencapai kecepatan maksimum 200 km/jam.

Jaguar I-Pace juga didukung oleh sistem penggerak semua roda atau AWD, dan teknologi Torque Vectoring by Braking yang dikombinasikan dengan Dynamic Stability Control (DSC).

Mobil listrik pertama dari Jaguar ini dibanderol Rp2,907 miliar off thr road.

Penulis: Santo Sirait