KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Industri di sektor meeting, incentive, convention, dan exhibition ( MICE ) mulai menunjukkan geliat positif seiring pulihnya perekonomian pascapandemi. Hal tersebut jadi sinyal positif yang disambut para pelaku MICE Tanah Air.

Sebagai informasi, geliat MICE pada dasarnya tak hanya memberikan untung bagi para pelaku usaha di bidang tersebut saja. Ini mengingat industri yang satu ini turut berkontribusi besar bagi devisa negara.

Selama pandemi Covid-19 melanda, industri MICE termasuk salah satu yang terdampak.. Kebijakan mengenai pembatasan kegiatan menjadi sebabnya.

Data yang dirilis Event Industry Council (Ivendo) sepanjang 2020 mendapati bahwa ada 96,43 persen kegiatan MICE di 17 provinsi Indonesia harus ditunda, bahkan 84,20 persen di antaranya terpaksa dibatalkan.

Namun, seiring membaiknya kondisi saat ini, geliat industri MICE pun jadi punya harapan kembali. Terbukti, memasuki pengujung 2022, sejumlah acara dengan beragam skala, baik yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta, mulai diadakan kembali.

Merespons peluang tersebut, Medha Corp meluncurkan directory website . Inovasi ini dibuat dengan tujuan dapat menjadi rujukan dan wadah berkumpulnya para pelaku MICE.

“Kami berharap, SewaVenue.com dapat membantu akselerasi bisnis dari setiap pelaku industri MICE Tanah Air. Kami cukup senang melihat proyeksi SewaVenue.com dapat membantu para pelaku MICE dengan segala latar belakang, mulai dari pebisnis ataupun entrepreneur, untuk dapat saling terhubung melalui platform SewaVenue.com,” kata Chief Operating Officer SewaVenue.com, Pamungkas Patriayudha HP saat peluncuran di éL Hotel Royale Yogyakarta Malioboro, Rabu (5/10/2022).

Lebih lanjut, ia juga berharap bahwa platform yang dibuat pihaknya dapat memudahkan penggiat MICE untuk dapat menemukan lokasi yang tepat, di samping para pemilik jasa juga dapat mewujudkan setiap event-nya.

“Dalam platform ini, Anda akan menemukan beragam listing, mulai dari meeting room, ballroom, open air, co-working space, dan vendor penunjang kegiatan MICE,” jelasnya.

Hal tersebut mendapat tanggapan langsung dari pelaku MICE. Salah satunya, Marketing Comunication Manager éL Hotel Royale Yogyakarta Malioboro, Sankar Adityas C yang turut hadir.

“Ini dia yang ditunggu telah hadir. Senang banget akhirnya ada yang punya ide untuk menghadirkan pilihan atau rekomendasi ruang meeting dalam satu platform atau website,” paparnya.

Menurutnya, inovasi yang dilakukan SewaVenue.com dapat memudahkan segmen pasarnya, yakni para tamu hotel untuk mencari ruang meeting sesuai dengan keinginan dan budget.

“Saya pikir ini solusi jenius ya untuk anak muda memulai bisnisnya dan bertemu dengan tim di venue yang diinginkan,” sambungnya.

Yudha menjelaskan lebih lanjut bahwa pihaknya lewat ke depan mampu diandalkan bagi para pegiat MICE.

Ia pun memaparkan kemudahan penggiat MICE untuk menemukan, mempelajari lebih lanjut mengenai venue yang direncanakan, hingga menghubungi person in charge (PIC)-nya secara langsung.

“Selama ini, hal itu biasanya jadi masalah. Para pemilik event biasanya harus menghubungi event organizer (EO) atau jasa terkait guna mengurus event-event internal perusahaan (untuk tahu beres). (Sementara jika ingin menghemat budget) tanpa eo, mereka harus menghubungi pihak venue satu per satu,” terang Yudha.

Ia pun menceritakan latar belakang platform yang dihadirkan pihaknya untuk sampai seperti sekarang.

Butuh waktu selama satu tahun bagi Sewavenue.com, katanya, untuk menemukan model bisnis yang baik bagi para pelaku industri MICE yang kelak ingin listing di platform tersebut.

“Saat kami mengenalkan (SewaVenue.com) di Yogyakarta pertama kali, tidak semua merespons positif terhadap tampilan dan fitur platform kami. Namun kami tetap mendengarkan tiap input dari para pelaku MICE selama kami berada di Yogyakarta,” sambungnya.

Lebih lanjut, Yudha menginformasikan bahwa SewaVenue.com membuka kesempatan bagi pihak yang inginn bergabung dalam platformnya.

Saat ini, para pelaku MICE dapat menghubungi SewaVenue.com melalui fitur percakapan yang terdapat di dalam website atau melalui Instagram SewaVenue di untuk mendapatkan harga terbaik.

“Melalui platform , perluas target audience Anda melalui beberapa strategi digital marketing yang akan kami jalankan,” tambahnya.