KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Belakangan ini, linimasa media sosial sedang penuh dengan kabar yang kurang menyenangkan. Musim hujan yang sudah mulai tiba dan jatuh secara merata di beberapa daerah di Indonesia, ternyata juga mengakibatkan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Hal ini tentu membawa kerugian bagi warga setempat.

Daerah-daerah yang sering jadi destinasi wisata juga tidak luput dari serbuan hujan deras. Lihat saja bagian selatan Kota Malang yang tergenang banjir hebat. Atau daerah Ubud yang kapan hari longsor hingga membuat kemacetan. Bagaimana ya nasib traveler yang sedang berlibur di sana? Teman Traveler, kali ini kami akan memberikan tips tentang apa yang harus dilakukan jika terjebak bencana ketika liburan.

Jika Terjebak Banjir, Lakukan Ini

Pertama-tama, pantau kondisi sekitar dan tetap waspada. Jika kamu sedang di luar ruangan, maka carilah tempat yang aman terlebih dahulu. Terutama saat hujan sedang deras, berteduh dan hindari mobilitas terlebih dulu. Biasanya, jika kondisi sangat darurat kamu akan mendengar pengumuman untuk evakuasi dari layanan darurat.

Tapi jika kondisinya cukup aman, kamu bisa melanjutkan perjalanan kembali ke penginapan. Cek apakah penginapanmu juga terdampak banjir atau tidak. Jika tidak, maka kamu bisa beristirahat dengan nyaman. Atau jika yang terjadi sebaliknya, ada baiknya kamu mengemas barang untuk berjaga-jaga jika air naik atau bahkan evakuasi.

Lalu bagaimana jika banjir justru terjadi ketika kamu sedang berada di penginapan? Yang utama adalah tanyakan atau dengarkan petunjuk dari staf penginapan. Lalu pastikan alat-alat yang tersambung dengan listrik berada di tempat yang aman untuk menghindari korslet. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki perbekalan yang cukup.

Kalau banjir terjadi ketika kamu berada di tempat wisata, apa yang harus dilakukan? Tidak jauh berbeda dengan tips sebelumnya, pastikan kamu berada di tempat yang teduh dan aman. Jika air mulai naik, pergi ke tempat yang lebih tinggi. Pastikan barang-barangmu aman dan dapatkan nomor panggilan darurat jika diperlukan. Jika sedang berkendara, maka menepi dan cari tempat yang aman terlebih dahulu.

Hujan deras sering kali tidak hanya membuat banjir tapi juga menimbulkan longsor. Seperti yang terjadi di Ubud beberapa waktu lalu, longsor membuat arus lalu lintas menjadi macet. Bukan hanya karena tanah yang longsor namun juga pohon yang tumbang. Apa yang sebaiknya dilakukan?

Tentu saja yang paling penting adalah utamakan keselamatan dengan mencari tempat berlindung. Jika diminta evakuasi, maka ikutilah petunjuknya. Hubungi keluarga untuk memberi kabar. Selain itu, hindari untuk meneruskan perjalanan ke daerah yang lebih tinggi atau di perbukitan.

Tidak masalah jika kamu ingin liburan di musim hujan, namun kamu harus tetap mempersiapkan diri dengan kemungkinan seperti hujan deras hingga bencana layaknya banjir dan tanah longsor. Bawa peralatan yang penting seperti jas hujan, P3K, sepatu anti air serta drybag untuk mengamankan barang-barang dari air. Dan jangan lupa untuk memantau perkiraan cuaca di daerah yang akan kamu datangi. Jadi, liburanmu bisa tetap aman dan nyaman,