KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Presiden China, Xi Jinping , kembali terpilih untuk ketiga kalinya sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) hingga lima tahun ke depan. Xi pun merombak lebih dari separuh anggota Komite Tetap Biro Politik atau Politbiro dan mempromosikan loyalisnya.

Dilansir dari Associated Press, Minggu (23/10/2022), bersamanya, Xi menempatkan empat loyalis dan dua mantan sekretarisnya sebagai anggota Komite Tetap Politbiro yang merupakan posisi tertinggi dalam partai.

Dalam formasi baru ini, empat orang diantaranya adalah anggota baru dan tiga lainnya merupakan petahana.

Tujuh anggota Komite Tetap Politbiro itu, termasuk Xi , diumumkan sehari setelah dia terpilih secara aklamasi sebagai Sekjen CPC melalui Kongres Partai Komunis China.

“Kemarin CPC telah berhasil merampungkan Kongres Nasional ke-20. Hari ini Komite Sentral ke-20 CPC telah melakukan rapat pleno pertama dan memilih kepemimpinan baru. Saya kembali terpilih sebagai Sekjen CPC. Mari kita sambut enam rekan saya yang juga terpilih sebagai anggota Komite Tetap Politbiro,” kata Xi.

Kembali terpilihnya Xi sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) itu sekaligus mengamankan kekuasaannya sebagai Presiden China. Pria berusia 69 tahun itu sekarang dipastikan akan menjalani masa jabatan ketiga sebagai Presiden China yang akan diumumkan secara resmi pada sesi legislatif tahunan pemerintah di bulan Maret.

Enam loyalis yang ditunjuk mendampingi Xi dalam memimpin partai penguasa itu yakni:

Li Qiang merupakan mantan kepala staf Xi. Dia dipilih menduduki kursi nomor dua di Komite Tetap Politbiro. Ini berarti Li kemungkinan akan mengambil alih kursi perdana menteri dari Li Keqiang, mantan saingan Xi yang akan pensiun tahun depan.

Sementara, Zhao Leji dipandang oleh beberapa pengamat sebagai bagian dari “Geng Shaanxi” Xi yang memiliki ikatan keluarga dengan provinsi barat Shaanxi. Sebelum pindah ke Beijing, Zhao adalah sekretaris partai untuk Shaanxi dan sebelum itu untuk provinsi barat terpencil Qinghai di dataran tinggi Tibet, tempat ia dilahirkan dan memulai kariernya.

Zhao, seperti Xi, adalah anggota partai generasi kedua. Ada rumor yang menyebutkan bahwa ayah Zhao dan Xi merupakan teman. Hubungan tersebut dipandang telah membantu Xi dalam upayanya untuk menghilangkan batasan masa jabatan dan melanjutkan sebagai sekretaris jenderal partai tanpa batas waktu.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video ‘Xi Jinping Diberi Mandat Pimpin China Periode Ketiga’:

Ahli teori politik partai, Wang Huning, telah menjadi anggota Komite Tetap Politbiro sejak 2017 dan naik dari posisi kelima, yang mencerminkan statusnya sebagai salah satu penasihat terpenting Xi.

Wang, yang memiliki latar belakang akademisi, bertanggung jawab atas ideologi partai sebagai penasihat suksesi pemimpin. Namun, dia tidak memiliki pengalaman sebagai gubernur daerah, pemimpin partai, atau menteri kabinet. Hal ini tidak biasa bagi mereka yang berada di puncak kekuasaan.

Sejak 2017, ia menjabat sebagai direktur Central Leading Small Group for Comprehensive Deepening Reform, sebuah badan yang relatif tidak jelas yang membantu menegakkan kebijakan Xi. Dia sebelumnya adalah dekan sekolah hukum Universitas Fudan yang bergengsi di Shanghai dan seorang profesor politik internasional. Wang menganjurkan negara China yang kuat dan terpusat untuk melawan pengaruh asing.

Cai Qi juga merupakan pendatang baru di Komite Tetap Politbiro. Dia merupakan seorang politikut berbakat yang memiliki hubungan lama dengan Xi. Seperti halnya Xi, Cai bekerja di provinsi pesisir Fujian dan Zhejiang. Dia tiba di Beijing pada tahun 2016 sebagai wali kota sebelum dipromosikan ke posisi teratas sekretaris partai tahun berikutnya.

Cai, 66, adalah penduduk asli Fujian dan dianggap sebagai salah satu intelektual terkemuka partai, setelah mendapatkan gelar doktor dalam ekonomi politik dari Fujian Normal University, sekaligus membuktikan dirinya sebagai manajer yang kompeten.

Sebagai kepala Kantor Umum sejak 2017, Ding Xuexiang memegang salah satu posisi birokrasi terpenting di partai, dengan kontrol besar atas informasi dan akses ke pejabat. Itu menyiratkan bahwa Xi menaruh kepercayaan tingkat tinggi padanya.

Ding sering menjadi salah satu dari sedikit pejabat yang menghadiri pertemuan sensitif bersama sekretaris jenderal. Itu membuatnya mendapatkan julukan “alter ego Xi” dan “kepala staf Xi.”

Ding bergabung dengan Politbiro pada tahun 2017 dan telah memegang berbagai jabatan di dalam partai daripada di administrasi pemerintahan. Seperti Wang Huning, dia tidak pernah menjadi gubernur, sekretaris partai provinsi, atau menteri.

Masuknya Li Xi ke Komite Tetap Politbiro dinilai sebagai pengakuan atas keberhasilannya dalam mempromosikan integrasi antara Guangdong, dengan pusat teknologi di Shenzhen, dan pusat keuangan internasional Hong Kong.

Li juga ditunjuk untuk menggantikan Zhao Leji sebagai kepala Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin, yang kegiatannya sangat diperhatikan oleh Xi. Ayah Li adalah seorang arsitek kesuksesan Shenzhen, yang mungkin membuatnya disayang oleh Xi, meskipun mereka tidak memiliki hubungan kerja dekat yang jelas.