2 Kapal Perang Amerika Serikat Nekat ke Selat Taiwan, China Bisa Murka - GenPI.co
Sebanyak 2 kapal perang Amerika Serikat bersenjatakan rudal nekat melakukan pelayaran melalui Selat Taiwan pada hari Minggu (28/8). (Foto: AFP via NDTV)

GenPI.co – Sebanyak 2 kapal perang Amerika Serikat bersenjataan rudal nekat melakukan pelayaran melalui Selat Taiwan pada hari Minggu (28/8). 

Angkatan laut Amerika mengatakan, itu transit pertama sejak China melakukan latihan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya di sekitar pulau itu.

Dalam sebuah pernyataan, Angkatan Laut AS mengatakan transit itu menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

BACA JUGA:  Teror Jet Tempur Israel di Langit Suriah, Gudang Rudal Iran Hancur Lebur

Armada ke-7 AS mengatakan sepasang kapal penjelajah berpeluru kendali kelas Ticonderoga — USS Antietam dan USS Chancellorsville melakukan transit “rutin” pada hari Minggu.

“Kapal-kapal ini transit melalui koridor di Selat yang berada di luar laut teritorial negara pantai mana pun,” kata sebuah pernyataan.

BACA JUGA:  Setelah Dibabat Israel, Pemimpin Jihad Islam Palestina Bertemu Hamas di Lebanon

Dua kapal itu dikatakan melalui perairan di mana kebebasan navigasi dan penerbangan di laut lepas berlaku sesuai dengan ketentuan hukum internasional.

“Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan hukum internasional.”

BACA JUGA:  Ilmuwan Cambridge Menguak Rahasia Tuhan, Embrio Sintetis pun Tercipta!

Armada ke-7 berbasis di Jepang dan merupakan bagian inti dari kehadiran angkatan laut Washington di Pasifik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.