kabinetrakyat.com – Pernah merasa lelah dengan kehidupan sosial atau kehilangan minat untuk bertemu dengan orang lain?

Menyediakan waktu untuk diri sendiri ternyata penting dan perlu dilakukan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Very Well Mind, berikut beberapa alasan mengapa memiliki waktu untuk menyendiri itu penting.

1. Eksplorasi Diri

Dengan menyediakan waktu untuk menyendiri , kita dapat menjelajahi berbagai hal dan mengeksplorasi diri tanpa tekanan dan penilaian dari orang lain.

Memiliki waktu untuk diri sendiri sangat penting bagi pertumbuhan dan pengembangan diri. Daripada menghabiskan waktu untuk memikirkan pendapat orang lain, waktu menyendiri ini memungkinkan kita untuk fokus pada diri sendiri.

2. Mengembangkan Kreativitas

Waktu menyendiri adalah kesempatan bagi kita untuk membiarkan pikiran mengembara dan memperkuat kreativitas kita. Kita bisa lebih fokus tanpa perlu peduli atau berinteraksi dengan orang lain.

Penelitian menunjukkan bahwa menyendiri dapat membantu otak kita memicu proses kreatif. Sebuah studi juga menemukan bahwa orang yang menarik dirinya secara sengaja untuk menghabiskan waktunya sendirian cenderung menjadi orang yang sangat kreatif.

3. Memperkaya Energi Sosial

Kadang, hidup sendirian dianggap sebagai memiliki energi yang negatif. Namun, para peneliti justru menemukan bahwa orang yang hidup sendirian memiliki kehidupan sosial yang lebih kaya dan memiliki lebih banyak energi sosial jika dibandingkan dengan orang yang hidup bersama orang lain.

Memberikan waktu menyendiri dapat menjadi solusi untuk mengembalikan energi sosial yang habis.

Menyendiri dan kesepian adalah dua hal yang berbeda. Kesepian ditandai oleh perasaan negatif yang terkait dengan isolasi. Sementara, menyendiri adalah tentang menemukan kebebasan, inspirasi dan pemulihan dalam kesendirian.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kita butuh waktu untuk menyendiri . Apabila kita merasa mudah marah, mudah tersinggung oleh hal-hal kecil, kehilangan minat untuk melakukan sesuatu hal dengan orang lain, serta sulit berkonsentrasi, maka kita butuh waktu untuk sendirian.

Selain itu, kita juga butuh waktu untuk menyendiri apabila kita merasa cemas ketika harus menghabiskan waktu dengan orang lain.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan ketika menyendiri . Rehat dari media sosial, melakukan hobi, membaca buku, menonton serial favorit atau berjalan-jalan sendirian merupakan sederet hal yang dapat kita lakukan bersama diri kita sendiri. (Anggita Laras Syanlindri)***