kabinetrakyat.com – Kecemasan bisa saja terjadi pada setiap orang, tetapi tidak semuanya bentuk kecemasan berdampak buruk.

Kecemasan dapat membantu anda akan kesadaran terhadap bahaya dan bisa memotivasi anda untuk siap terhadap sesuatu dan risikonya.

Namun jika kecemasan seringkali terjadi dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari anda, mungkin anda bisa mengatasinya dengan cara dibawah ini:

1. Tetap Aktif

Membuat diri anda tetap aktif bisa mengurangi rasa cemas dalam diri. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang bisa anda gunakan agar tetap aktif.

Selain membantu kesehatan fisik juga membantu kesehatan mental anda. Olahraga bisa mengalihkan perhatian anda dari rasa cemas yang anda alami.

Menurut American Psychological Association (APA), olahraga teratur mengarah pada pengingkatan konsentrasi dan kemauan keras yang dapat membantu gejala kecemasan tertentu.

Olahraga seperti yoga atau pelatihan lainnya bisa memberikan manfaat pada kesehatan mental anda.

2. Kurangi Penggunaan Kafein

Kafein memberikan efek buruk jika anda memiliki kecemasan kronis. Kafein sendiri menyebabkan kegugupan dan tidak baik jika anda sedanag merasa cemas.

Penelitian telah menunjukkan kafein dapat menyebabkan atau memperburuk gangguan dari kecemasan . Hal ini juga dapat memberikan serangan panik pada seseorang yang memiliki gangguan panik.

Jika anda ingin mengurangi kafein, lakukanlah secara perlahan karena mungkin tidak mudah bagi sebagian orang yang terbiasa dengan kafein.

Mulailah dengan mengganti kafein dengan air mineral untuk memuaskan dahaga, selain membantu menyiram kafein dari tubuh anda air mineral dapat membuat anda tetap terhidrasi.

3. Makan Seimbang

Makanan yang masuk ke dalam tubuh juga berpengaruh terhadap kesehatan mental kita.

Seperti gula darah rendah, dehidrasi, atau bahan kimia dalam makanan olahan seperti perasan buatan, pewarna buatan, dan pengawet buatan dapat menyebabkan perubahan suasana hati pada beberapa orang.

Jika kecemasan anda memburuk setelah makan, maka anda harus periksa kembali makanan yang anda makan. Buah dan sayur akan menjaga makanan anda tetap seimbang dan tetap terhidrasi.

Jika anda sedang merasa cemas, maka tips di atas bisa saja membantu anda dalam mengatasi rasa cemas. (Salwa Syafiqoh)***