kabinetrakyat.comPIKIRAN RAKYAT ­– Istilah dalam bahasa gaul , morning person , belakangan ini menjadi populer di Instagram maupun Tiktok.

Kata morning person ini sering muncul dalam konten-konten yang diunggah di Instagram maupun Tiktok. Dalam kontennya tersebut sering memperlihatkan seseorang yang beraktivitas di pagi hari.

Lalu apa arti kata morning person yang sebenarnya?

Baca Juga: Ternyata Tanaman Kumis Kucing Memiliki Sejumlah Manfaat, Apa Saja?

Morning person berasal dari bahasa inggris yang berarti orang-orang yang terbiasa bangun di pagi hari, yang langsung menjalankan aktivitas dengan penuh semangat di pagi hari. Orang yang dengan kronotipe (jam internal) morning person umumnya akan tidur lebih awal pada malam hari.

Seperti yang dilansir dari SehatQ, menjadi morning person memberikan beragam manfaat untuk anda. Manfaat tersebut dapat anda rasakan dari berbagai macam aspek kehidupan, apa sajakah itu?

Manfaat menjadi morning person bisa memberikan banyak manfaat berbagai macam aspek kehidupan, mulai fisik, mental, hingga produktivitas dalam bekerja. Berikut ini manfaat menjadi morning persen, yaitu :

Baca Juga: Profil dan Rekam Jejak Azwar Anas, Menpan-RB Baru Pilihan Jokowi

Menurut studi yang dilakukan 23andMe, orang dengan kronotipe morning person cenderung memiliki waktu tidur yang berkualitas. Dalam studi yang dilakukan kepada orang dengan kronotipe morning person , hanya 20% dari mereka yang mengalami gangguan tidur insomnia.

Remaja dengan kronotipe night owl cenderung lebih aktif di malam hari, dikaitkan dengan depresi dan gejalanya. Meskipun begitu, menjadi morning person tidak berarti akan menghindari dari rasa depresi. Pada akhirnya, semua bergantung pada tingkat masalah dan cara untuk menghadapinya.

Penelitian yang dilakukan terhadap kelompok usia paruh baya menyebut, mereka yang bangun siang cenderung lebih rentan mengalami diabetes dibanding morning person. Selain itu, risiko morning person untuk menderita sindrom metabolik diketahui lebih rendah dibanding mereka yang bangun siang.

Baca Juga: Mengenal Thanatophobia, Fobia Berlebihan terhadap Kematian

Bangun lebih awal dapat membantu anda untuk mengatur jadwal dan aktivitas dengan baik. Dengan kondisi tubuh dan pikiran yang masih segar, anda dapat melakukan pekerjaan dengan fokus.(Nisrina Sukmawati)***