kabinetrakyat.com – Perusahaan teknologi Apple Inc resmi meluncurkan ponsel terbarunya yaitu iPhone 14. Dilansir Reuters, ponsel ini memiliki dua tipe utama yakni biasa dan Plus, yang berarti tidak ada versi mini seperti pendahulunya, iPhone 13.

Apple mengatakan salah satu strateginya adalah menghindari kenaikan harga ponselnya. Harga iPhone 14 kelas atas sama dengan model iPhone 13 tahun lalu.

iPhone 14 akan mulai dari 799 dolar AS (sekira Rp11,9 jutaan) dan iPhone 14 Plus pada 899 dolar AS (sekira Rp13,4 jutaan). Kedua ponsel ini tersedia untuk pra-pemesanan mulai 9 September.

Apple juga menyediakan varian iPhone 14 Pro dengan harga 999 dolar AS (sekira Rp14,8 jutaan), dan iPhone 14 Pro Max di harga 1.099 dolar AS (sekira Rp16,3 jutaan), dan tersedia pada 16 September.

Lebih lanjut, Apple mengatakan pihaknya fokus pada peningkatan keamanan daripada spesifikasi teknis baru yang mencolok.

Perusahaan bersandar pada teknologi keselamatan seperti kemampuan untuk mendeteksi kecelakaan mobil, hingga fitur memanggil penyelamat dari puncak gunung terpencil untuk menambah daya pikat pada perangkatnya. Apple memposisikan dirinya sebagai merek untuk memungkinkan pengguna mengejar kegembiraan dan petualangan.

“Fitur tak berwujud seperti itu adalah hal yang membuat Anda tidak hanya menginginkan produk untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang yang dicintai. Pada akhirnya, peningkatan penekanan pada keselamatan sebagai layanan sangat menarik sebagai proposisi nilai,” kata Kepala Teknologi Konsumen di Creative Strategies Ben Bajarin.

Selain itu, Apple mengatakan fitur SOS satelitnya akan bekerja dengan responden darurat. Dikatakan juga bahwa pengguna akan dapat menggunakan aplikasi FindMy untuk berbagi lokasi mereka melalui satelit ketika mereka tidak memiliki konektivitas lain.

Layanan ini akan gratis selama dua tahun dengan iPhone 14.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini juga menunjukkan trio Apple Watch baru, termasuk model Watch Ultra baru yang ditujukan untuk olahraga ekstrim dan menyelam, dirancang untuk menantang spesialis jam tangan olahraga seperti Garmin dan Polar.

Semua jam tangan termasuk Seri 8 dengan harga yang sama seperti tahun lalu dan model SE yang diperbarui. Selain itu, iPhone baru akan memiliki kemampuan untuk mendeteksi ketika pengguna mengalami kecelakaan mobil yang serius dan menghubungi layanan darurat.