KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

JAKARTA, celebrities.id –  Istilah rehabilitasi sudah sering kita dengar. Namun apa sebenarnya arti kata rehabilitasi? 

Berikut ini penjelasan lengkap rehabilitasi yang telah dirangkum celebrities.id dari berbagai sumber, Jumat (19/8/2022).

Rehabilitasi memiliki arti yang cukup banyak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rehabilitasi adalah pemulihan kepada kedudukan (keadaan, nama baik) yang dahulu (semula). 

Rehabilitasi juga memiliki arti lain yaitu hak seseorang untuk mendapat pemulihan nama baik karena adanya kesalahan dari hukum yang diterapkan.

Arti kata rehabilitasi yang lain yaitu program yang digunakan untuk membantu atau memulihkan seseorang yang memiliki penyakit fisik dan psikologis. Secara umum, pengertian rehabilitasi adalah proses pemulihan suatu keadaan menjadi baik seperti semula. 

1. Rehabilitasi Medis (Medical Rehabilitation)

Medical rehabilitation atau rehabilitasi medis merupakan spesialis ilmu kedokteran yang terdapat keterkaitan dalam penanganan secara menyeluruh yang diderita oleh seseorang yang memiliki cedera (impairment) atau gangguan fungsi, gangguan mental, susuan otot syaraf dan kecacatan.

Adapun yang masuk dalam kategori rehabilitasi medis yaitu pengobatan, pencegahan, pemeriksaan fisik, dan pelatihan dalam menggunakan alat bantu.

2. Rehabilitasi Karya (Vocational Rehabilitation)

Jenis rehabilitasi yang satu ini berhubungan dengan pengadaan pelayanan di bidang jabatan. Program rehabilitasi karya bertujuan untuk memberikan kepastian untuk penderita cacat dan membantu untuk memiliki pekerjaan yang layak. 

Beberapa jenis vocational rehabilitation yaitu penempatan yang selektif (selective placement), bimbingan jabatan (vocational guidance) dan latihan kerja (vocational training).

3. Rehabilitasi Sosial (Social Rehabilitation)

Rehabilitasi sosial adalah proses untuk penderita cacat yang sedang berusaha dalam memperbaiki diri atau dalam proses menghilangkan pengaruh negatif sehingga seseorang bisa kembali hidup normal di masyarakat.

Tujuan rehabilitasi diharapkan dapat membantu orang-orang yang membutuhkan seperti penyandang cacat. Berikut ini tujuan lain dari rehabilitasi.

1. Dapat mengembalikan rasa percaya diri, harga diri, tanggung jawab dan kesadaran seseorang atas masa depan yang mereka punya terhadap keluarga maupun lingkungan sosial.
2. Membantu seseorang untuk menyembuhkan fungsi sosial.
3. Membantu dalam proses pemulihan seseorang secara fisik maupun keadaan sosial yang dimilikinya.
4. Untuk penyandang cacat dapat diberikan bantuan terapi psikologis, mental, sosial, fisik dan pemahaman supaya bisa membedakan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Itulah informasi mengenai arti kata rehabilitasi, jenis beserta tujuannya. Semoga bermanfaat.

Editor : Oktiani Endarwati


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.