kabinetrakyat.comTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Asosiasi Nutrisionis Olahraga & Kebugaran Indonesia (ANOKI), Dr Mury Kuswary SPd MSi mengatakan, ada beberapa asupan gizi yang esensial bagi seorang atlet untuk meningkatkan kekuatan otot, daya tahan fisik, dan proses pemulihan setelah latihan fisik intens.

Bagi seorang atlet, untuk meningkatkan kekuatan otot tentunya zat gizi protein berperan sangat penting dalam membantu proses sintesis protein , supaya kekuatan otot serta proses recovery nantinya menjadi optimal.

Kendati memiliki peran penting, tentunya juga harus didukung dengan zat gizi makro dan mikro lainnya dengan kualitas yang baik.

“Selain kualitas, jumlah yang tepat serta meal timing menjadi faktor penting agar atlet dapat menampilkan performa terbaik saat latihan maupun pertandingan,” ungkap Mury dalam keterangannya, Jumat (9/9/2022).

Kebutuhan gizi terlebih asupan protein yang tepat dan berkualitas sangat penting untuk atlet maupun pegiat olahraga karena dapat membantu memenuhi kecukupan tubuhnya dalam melakukan aktivitas fisik, supaya menjadi lebih sehat, bugar, dan produktif.

“Kita dapat melihat contoh kesuksesan program ini dari atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa, yang sudah banyak menjuarai kompetisi di kancah internasional,” katanya.

“Program penyesuaian menu makanan dan asupan gizi seperti Winning Meals Kachimeshi yang dilakukan Gede Siman menurut saya sangat baik diterapkan bagi atlet maupun para pegiat olahraga di Indonesia.

Tentang hari Olahraga Nasional, Mury mengatakan, ini dapat menjadi momentum untuk semua insan olahraga maupun masyarakat umum dalam menggaungkan kembali semangat rutin berolahraga, supaya menjadi lebih sehat dan bugar, selain itu perlu juga didukung asupan gizi yang baik.

“Gizi ibarat bahan bakar kendaraan bagi atlet maupun pegiat olahraga , sebaik apapun kendaraan tanpa bahan bakar yang baik akan berjalan dengan lambat,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia sangat penting pengetahuan gizi bagi atlet maupun lingkungan sekitarnya seperti pelatih, pengurus, pembina untuk lebih melek gizi agar kita dapat memberikan bahan bakar terbaik sehingga performa yang optimal juga didapatkan.

Grant Senjaya, Head of Public Relations Department PT Ajinomoto, tidak hanya atlet yang menjadi fokus dari program Winning Meals Kachimeshi, pihaknya berkomitmen dan berkontribusi terhadap asupan gizi keluarga Indonesia dengan menghadirkan produk terbaik.

“Kami terus melakukan berbagai kegiatan edukasi perihal kecukupan gizi, serta pemeliharaan kebiasaan hidup sehat ke masyarakat luas,” katanya.

Target untuk Hockey Indonesia usai Dilantik KONI Pusat, Budi Sulistijono: Kita Jawab dengan Prestasi

Target untuk Hockey Indonesia usai Dilantik KONI Pusat, Budi Sulistijono: Kita Jawab dengan Prestasi

Sosok Aprilio Manganang, Mantan Atlet Bola Voli yang Kini Jadi TNI, akan Segera Gelar Pernikahan

Ribuan Peserta Ramaikan Balikpapan Open 10K, Seorang Veteran Meninggal Dunia karena Serangan Jantung

Pordasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM Teken Nota Kesepahaman untuk Tumbuhkan UMKM Lokal

Timnas Lolos Piala Dunia, Menpora Harap Bangkitkan Gairah Sepak Bola Amputasi

Menpora Sebut Jordi Amat & Sandi Walsh Cuma Program Jangka Pendek Timnas tapi Direkomendasikan STY

Puluhan Bonsai Meriahkan Pertemuan G20 di Belitung, Ada Sapu sapu Hingga Bonsai Pohon Beringin

Ratu Elizabeth II Meninggal, Kate Middleton akan Sandang Gelar Baru ‘Putri Wales’ Seperti Lady Diana

Hadirkan Ratusan Stand Kuliner di Zona 1 dan Zona 4, F8 Makassar Ramai Dikunjungi Masyarakat

Politeknik St Wilhelmus Mengadakan Kegiatan PKKMB, Diikuti Ratusan Mahasiswa Baru

Upaya untuk Jaga Kondisi Candi Singosari & Menghormati Agama Lain, Wisatawan Dilarang Naik ke Candi

Unggah Foto di Depan Warung, Tamara Bleszynski Tulis Pesan soal Harta Warisan Orangtua yang Dirampas