KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat menyatakan, pihaknya telah siap untuk menerima kedatangan pesawat delegasi VVIP G20 pada November mendatang.

“Bandara Lombok menjadi salah satu lokasi parkir pesawat delegasi VVIP G20 pada 2022. Kami memastikan ketersediaan parking stand bagi pesawat delegasi tersebut,” kata Humas PT Angkasa Pura Bandara Lombok, Arif Haryanto di Praya, Kamis.

Ia mengatakan, Bandara Lombok mengalokasikan parkir pesawat untuk empat pesawat narrow body atau dua pesawat wide body khusus bagi pesawat VVIP delegasi G20.

Pada saat yang sama juga mengakomodasi parkir pesawat wide body pengangkut logistik Wolrd Superbike (WSBK) yang digelar di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit pada 11-13 November.

Selain itu, Bandara Lombok juga menyiapkan lokasi parkir untuk pesawat pengamanan TNI AU untuk kegiatan G20, serta regular flight di Bandara Lombok.

“Selain itu yang menjadi pergantian saat ajang WSBK nanti adalah adanya kegiatan G20,” katanya.

Ia mengatakan, untuk peningkatan fasilitas dalam rangka mendukung ajang WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika tersebut telah dilakukan, sehingga pelayanan kedatangan logistik WSBK, prinsipnya secara fasilitas sudah siap, baik dari runway, apron, serta fasilitas kargo.

“Fasilitas yang ada sudah siap untuk menerima kedatangan pesawat berbadan lebar,” katanya.

Pada tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan presidensi G20 dan akan dipusatkan di Bali. Namun, beberapa rangkaian kegiatan G20 selain digelar di Bali, akan diselenggarakan di Jakarta, Bogor, Bandung, Sorong, Lombok, Surabaya, Labuan Bajo, Danau Toba, Manado, Malang, dan wilayah lain yang jumlahnya total 19 kota.

Pada Forum G20, Indonesia adalah satu-satunya anggota ASEAN yang tergabung.