Bayi Lahir Sehat, Catat 3 Kegiatan Sehat Untuk Ibu Hamil - GenPI.co
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Elements Envato

GenPI.co – Masa kehamilan pada 3 bulan pertama atau tri semester awal saat-saat kritis. Pada masa ini ibu hamil (bumil) merasakan mual muntah yang luar biasa lantaran mulai adanya pembentukan jabang bayi dalam rahim.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSIA Brawijaya Antasari, Dr Sandy Prasetyo Sp.OG menjelaskan, kondisi ini disebut pertaruhan bumil dalam mendapatkan bayi sehat.

Oleh karenanya, pada masa rawan ini harus diisi dengan kegiatan yang bisa mendorong pertumbuhan jabang bayi dan kesehatan bumil sendiri. Apa saja?

1. Olahraga ringan

BACA JUGA:  Bahaya! 3 Hal Ini Jangan Dilakukan oleh Ibu Hamil Muda

Penting untuk tetap melakuakn olah fisik. Namun, menurut dr. Sandy bumil dianjurkan menghindari olahraga yang banyak kontak fisik dalam tim, seperti basket dan sepak bola.

Sebelum memilih olahrga yang tepat, sangat disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.

2. Minum folat

BACA JUGA:  Bumil Wajib Tahu, Ini 4 Tips Cepat Pulih dari Operasi Caesar

Kebutuhan asam folat juga perlu dipenuhi sejak persiapan kehamilan, tepatnya tiga bulan sebelum hamil. Asam folat sangat penting untuk mencegah pre-eklampsia dan bayi terlahir dengan cacat kongenital atau cacat bawaan.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Pemenuhan kebutuhan cairan saat hamil sangat penting. Ini dapat mengurangi keluhan kehamilan, seperti mual, muntah, konstipasi, kulit kering, dan infeksi saluran kemih.(*)

BACA JUGA:  Makan Pepaya Berisiko Membahayakan Ibu Hamil, Apa Benar?

Video heboh hari ini:

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.