kabinetrakyat.com – Adapun pencairan dana BSU ini bersamaan dengan cairnya bansos rutin yang disalurkan tiap tiga bulan sekali. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas yang digelar secara tertutup beberapa waktu lalu, memutuskan untuk memberikan tambahan terhadap bantalan sosial bagi masyarakat.

Sri Mulyani juga mengungkapkan, jika teknis penyaluran dana subsidi gaji akan dialokasikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Untuk sebab itu, Sri Mulyani berharap, jika pihak Kemenaker untuk segera mematangkan petunjuk teknis (juknis) dalam penyalurannya. Sehingga dapat langsung dilakukan pembayaran kepara pada para karyawan ataupun pekerja

Selain menjaga daya beli masyarakat di tengah lonjakan harga kebutuhan pokok, BSU merupakan program bansos yang diberikan pemerintah kepada karyawan swasta sejak 2020 dan 2021 atau msaat masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Syarat Pekerja yang Berhak Mendapat BSU 2022

Melansir dari laman resmi bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id terdapat beberapa syarat untuk pekerja/buruh yang berhak memperoleh bantuan subsidi gaji. Berikut rinciannya :

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK di KTP/KK

2. Merupakan peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021

3. Menerima gaji atau upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta. Pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) maka persyaratan Gaji/Upah itu menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota yabg dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

Sebagai contoh yaitu upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp 4.798.312 lalu dapat dibulatkan menjadi Rp 4,8 juta.

4. Bekerja dalam wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang telah ditetapkan pemerintah. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, aneka industr transportasi, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).

Untuk mengetahui apakah Anda terdaftar dalam program BSU 2022, Anda dapat mengecek langsung melalui website kemnaker.go.id atau melalui laman BPJS ketenagakerjaan di https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Itulah tadi informasi mengenai BSU 2022 kapan cair? Kurang dari beberapa hari lagi Anda yang terdaftar dalam program ini, dapat segera menerima bantuan Rp 600 ribu dari pemerintah.