KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Bagi Anda yang sedang menyusun skripsi, jurnal, atau buku, atau sejenisnya biasanya butuh membuat nomor halaman yang berbeda di Microsoft Word .Tujuannya adalah untuk membedakan antar bagian halaman.

Misalnya, pada bagian “Daftar Isi” menggunakan nomor halaman dengan format angka romawi. Kemudian, bagian “Pendahuluan” dan seterusnya menggunakan nomor halaman dengan format angka biasa.

Membuat nomor halaman berbeda, bisa juga terjadi pada kasus misalnya, pada halaman pertama dan kedua, nomor halamannya “1” dan “2”, tapi di halaman selanjutnya justru tidak urut, jadi halaman ketiga dan keempat akan memiliki nomor halaman 5″ dan “6”.

Cara membuat halaman berbeda di Microsoft Word

Untuk membuat format halaman yang berbeda seperti contoh kasus di atas, tidak perlu dilakukan satu per satu, yang tentunya akan memakan banyak waktu.

Cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word bisa dilakukan lebih mudah dan efisien. Jadi, Anda tidak perlu hingga membuat dokumen baru supaya bisa membuat nomor halamannya berbeda. Apabila Anda ingin membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word, ikuti cara berikut ini:

1. Membuat layout halaman dengan Section Break

Langkah pertama agar bisa membuat nomor halaman berbeda adalah dengan membuat tata letak (layout) halaman dengan menambahkan fitur Section Break.

Section Break sendiri berfungsi untuk membedakan format halaman satu dengan yang lain, termasuk format nomor halaman.

Jadi, langkah ini penting untuk dilakukan agar nomor halaman bisa muncul berbeda sesuai keinginan Anda di masing-masing halaman. Cara membuat layout halaman dengan Section Break adalah sebagai berikut:

  1. Pilih halaman yang menjadi pemisah dengan halaman lain. Pada contoh kali ini, KompasTekno menggunakan halaman kedua sebagai pemisah dengan yang berikutnya.
  2. Letakkan kursor di bagian akhir teks yang ada di halaman tersebut, kemudian klik tab “Layout”, lalu klik opsi “Breaks” dan pilih “Next Page”.
  3. Nanti akan muncul halaman baru yang format nomor halamannya bisa dibuat berbeda dengan sebelumnya.

Dalam tutorial membuat halaman berbeda di Microsoft Word kali ini, KompasTekno membuat dua bagian tulisan dalam satu dokumen. Bagian pertama adalah ABCD dan bagian kedua adalah EFGH, masing-masing bagian terdiri dari dua halaman.

Section Break digunakan untuk memisahkan bagian tersebut. Pemisah terletak di antara halaman kedua dan ketiga. Jadi logikanya, halaman pertama dan kedua akan memiliki format nomor halaman yang berbeda dengan halaman ketiga dan keempat.

Untuk melihat halaman sudah dimasukkan Section Break atau belum, Anda dapat melihatnya melalui klik tab “View”, kemudian pilih opsi “Outline”.

Setelah itu, bakal muncul tampilan dari layout halaman Anda dengan garis putus-putus bertuliskan “Section Break (Next Page)”. Garis tersebut menjadi penanda bahwa halaman Anda telah dipisah dengan Section Break.

2. Membuat nomor halaman berbeda

Setelah Anda memasukkan fitur Section Break untuk membuat layout halaman, lanjutkan dengan menambahkan nomor halaman, dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih halaman yang ingin Anda masukkan nomor halaman
  2. Klik tab “Insert” kemudian pilih opsi “Page Number”
  3. Atur letak nomor halaman sesuai kebutuhan Anda, bisa di sisi tengah bagian bawah atau di sisi kiri bagian bawah, lalu klik “Ok”.
  4. Setelah itu, nomor halaman otomatis muncul di halaman yang Anda buat.
  5. Awalnya, nomor halaman akan muncul secara berurutan. Namun, Anda dapat memformat kembali supaya nomor halaman tampil berbeda di tiap halaman.
  6. Letakkan kursor pada halaman yang ingin Anda ubah nomor halamannya.
  7. Kemudian, klik tab “Insert”, pilih opsi “Page Number”, lalu pilih “Format Page Number”
  8. Pada bagian “Page Numbering”, klik opsi “Start at” lalu masukan nomor halaman yang berbeda dari sebelumnya, kemudian klik “Ok”.

Setelah Anda klik “Ok”, sekarang nomor halaman di masing-masing halaman yang muncul sudah berbeda. Anda dapat melihat hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.

Bagian ABCD menggunakan nomor halaman “1” dan “2”, sedangkan bagian EFGH menggunakan nomor halaman “5” dan “6”.

Dalam mencontohkan cara ini, KompasTekno menggunakan perangkat berbasis MacOS dengan versi Microsoft Word 2019. Beda perangkat dan versi Microsoft Word, kemungkinan akan berbeda pula letak opsi dan tahapannya.

Namun secara logika, cara membuat nomor berbeda di tiap halaman, pada dasarnya sama saja. Di perangkat berbasis Windows, Anda juga harus membuat layout halaman dengan Section Break terlebih dahulu kemudian menambahkan nomor halaman.

Fungsi menambahkan pengaturan layout halaman itu supaya nomor halaman dapat tersusun rapi. Demikian cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word, semoga bermanfaat.