kabinetrakyat.com – Pergaulan bebas adalah perilaku menyimpang yang dilakukan oleh seseorang diluar dari norma-norma yang berlaku didalam kehidupan bermasyarakat. Jika dibiarkan, pergaulan bebas hanya akan membuat hidup Anda dan masa depan hancur. Salah satu contoh yang paling berbahaya akibat terjerumus kedalam pergaulan bebas, ialah penyalahgunaan narkoba.

Seseorang yang memiliki masalah dengan ketergantungan narkoba, akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental bagi penyalahgunanya. Oleh karena itu, tempat rehabilitasi narkoba sangat penting untuk membantu mereka yang memiliki masalah ini. Yuk langsung konsultasi dengan Ashefa Griya Pusaka, sekarang juga!

Cara menghindari pergaulan bebas dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu kaidah agama dan pendidikan yang ada didalam keluarga. Hal ini bisa membantu Anda terhindar dari pergaulan-pergaulan yang mengarah ke perbuatan merugikan bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Pergaulan Bebas Bisa Picu Penyalahgunaan Narkoba

Sebagian besar anak remaja bisa terjerumus menyalahgunakan narkoba, karena pengaruh dari pergaulan bebas.

Pergaulan bebas bisa membawa anak-anak kita kedalam pengaruh yang negatif. Anak muda biasanya masih memiliki rasa ingin coba-coba yang kuat, sehingga penyalahgunaan narkoba dikalangan anak remaja rentan terjadi.

Bukan lagi hal yang baru, remaja yang terpengaruh kedalam pergaulan bebas biasanya lebih berisiko menggunakan narkoba, alkohol dan melakukan tindakan yang melanggar norma lainnya.

Selanjutnya, efek dari hal negatif ini akan membawa pengaruh buruk bagi kehidupannya.

Ashefa Griya Pusaka Solusi untuk Kecanduan Narkoba

Memiliki anggota keluarga dengan masalah ketergantungan narkoba memang menjadi hal yang rumit untuk diatasi sendiri. Bahkan banyak orang tua yang merasa tak sanggup lagi mengatasi masalah kecanduan yang terjadi terhadap anak-anaknya.

Jika Anda masih sayang kepada mereka, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membawanya ke tempat rehabiliasi narkoba Ashefa Griya Pusaka. Kami siap membantu Anda keluar dari masalah ini, karena kita sangat paham bahwa ini bukanlah hal yang mudah untuk Anda.

Seseorang yang memiliki masalah dengan ketergantungan narkoba, biasanya memerlukan program rehabilitasi yang tepat. Ashefa Griya Pusaka siap memberikan layanan rehabilitasi secara Komperhensif dan Terintegrasi. Segera konsultasikan dengan layanan hot line kami, rehabilitasi narkoba yang tepat memiliki program yang bisa menunjang proses pemulihan Anda. Pilihanmu menentukan proses pemulihamu, jangan sampai salah ambil langkah untuk pulih!

Apa itu Pergaulan Bebas?

Istilah pergaulan bebas bukan lagi menjadi hal yang tabu dalam kehidupan bermasyarakat, karena hal ini bisa mempengaruhi siapa saja tanpa mengenal usia. Pada umumnya kata pergaulan bebas ini mengarah pada tindakan yang negatif. Salah satu faktor penyebab pergaulan bebas dari faktor orangtua adalah kelalaian

Pergaulan bebas adalah suatu proses interaksi antara individu dengan orang lain(kelompok), yang ditandai dengan tidak adanya kontrol atau dibatasi oleh aturan hukum yang berlaku dalam masyarakat. Seseorang yang sudah terjerumus kedalam pergaulan bebas, biasanya identik dengan perilaku yang merusak nilai-nilai didalam masyarakat. Berikut ini adalah pengertian pergaulan bebas menurut para ahli yang dilansir dari merdeka, antara lain:

Pergaulan bebas yaitu gejala patologis sosial yang terjadi pada remaja disebabkan oleh pengabaian dilingkungan sosial sehingga mengembangkan perilaku menyimpang.

Pergaulan bebas yaitu kumpulan dari bermacam perilaku remaja yang tidak bisa diterima oleh lingkungan sosial sehingga terjadi tindakan kriminal.

Pergaulan bebas yaitu proses interaksi seorang dengan orang lain tanpa mengikuti aturan yang baik dalam undang-undang maupun hukum agama dan adat kebiasaan.

Penyebab Anak Remaja Terjerumus Pergaulan Bebas

Banyak faktor penyebab anak kita bisa terjermus kedalam pergaulan bebas. Salah satu faktor penyebab pergaulan bebas dari faktor orangtua adalah, karena:

Oleh karena itu peran orang tua untuk menghindari pergaulan bebas sangat penting.

Dampak Pergaulan Bebas

Ada berbagai macam pergaulan bebas yang harus diwaspadai yaitu merokok, minum-minum keras, tawuran, konsumsi obat-obatan terlarang, dan seks bebas pada ramaja. Jika pergaulan bebas tidak segera ditangani bisa menyebabkan dampak buruk seperti berikut ini:

Cara Menanggulangi Pergaulan Bebas

Adapun cara menanggulangi pergaulan bebas yang bisa dilakukan supaya anak remaja tidak salah dalam pergaulan diantaranya:

Nilai yang sangat penting untuk ditanamkan pada anak remaja yaitu pendidikan agama, etika dan moral dalam keluarga, kerjasama guru, dan masyarakat. Dengan begitu remaja dapat dengan mudah menyerap nilai agama, etika dan moral. Selain itu, dalam pendidikan sangat perlu mengembangkan kemampuan emosional supaya bisa melatih anak remaja dalam mengelola rasa percaya diri dan mengambil keputusan yang tepat.

Penyuluhan pada remaja sangat perlu dilakukan, karena untuk menghindari hal yang menyimpang dan masih dalam batas normal dalam bertindak. Misalnya penyuluhan tentang perilaku menyimpang dan norma-norma yang berlaku termasuk agama dan pandangan masyarakat. Peran keluarga juga sangat penting untuk mencegah pergaulan bebas pada anak remaja, dengan begitu pergaulan bebas bisa diminimalisir sekecil mungkin. Sebab, keluarga yaitu dasar utama untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan

Memilih teman atau pergaulan sangat berperan penting untuk membentuk karakter seseorang. Bagi anak remaja, teman merupakan pihak yang membawa pengaruh paling kuat bagi hidupnya. Oleh karena itu, orang tua harus lebih memperhatikan pergaulan anaknya dan mengetahui mereka berteman dengan siapa. Memilih teman harus selektif, karena memiliki lingkungan pertemanan yang buruk bisa membawa pengaruh negatif bagi anak-anak Anda.

Supaya bisa terhindar dari pergaulan yang tidak baik, maka kita harus bisa menyibukan diri dengan hal-hal yang lebih positif. Misalnya beraktivitas dalam organisasi atau memiliki komunitas bakti sosial yang positif. Dengan menyibukan diri pada kegiatan yang positif dan bermanfaat, tentunya bisa membuat kita bertindak dengan baik. Serta bisa membiasakan diri untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang melanggar norma dan terhindar dari pergaulan bebas.

Sebelum terjerumus lebih jauh kedalam lingkungan pergaulan bebas, sebaiknya jangan pernah melupakan orang tua. Ingatlah dibalik proses pendewasaan diri Anda, ada orang tua yang telah berjuang untuk menghidupi dan menyekolahkan hingga saat ini.

Jangan sampai menyesal dikemudian hari, karena kesempatan berbakti kepada orang tua tidak bisa datang dua kali. Hargai, hormati dan cintai orang tua Anda selagi mereka masih ada didunia ini.

Mengikuti pergaulan yang tidak baik, hanya akan membuat hidup Anda hancur, dan membuat kedua orangtua sedih.

Cara menghindari pergaulan bebas dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya yaitu meningkatkan nilai keagamaan didalam hidup kita.

Semua agama pastinya mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik dan menghindari perbuatan yang melanggar norma-norma kehidupan. Dengan mendekatkan diri untuk mengenal lebih jauh tentang agama, membuat kita lebih memahami apa saja yang dilarang oleh agama dan bisa mendapatkan lingkungan yang lebih baik.

Akhir kata

Pergaulan bebas hanya akan membawa dampak negatif bagi hidup Anda. Cara menghindari pergaulan bebas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu kaidah agama dan pendidikan didalam keluarga. Peran orang tua untuk membantu anaknya terhindar dari pegaulan bebas sangat penting disini.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan rehabilitasi narkoba, anda dapat mengunjungi website: https://ashefagriyapusaka.co.id .***