KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Ini menyusul langkah hukum Es Teh Indonesia melayangkan somasi pada pelanggan yang mengkritik salah satu produknya.

Pelanggan tersebut mengkritik salah satu produk Es Teh Indonesia, Chizu Red Velvet.

Es Teh bahkan sampai menjadi trending topik bersama dengan brand minuman kekinian lainnya Chatime.

Somasi dari PT Es Teh Indonesia Makmur kepada pemilik akun Twitter @gandhoyy menjadi penyebab trending.

Gandhoyy dianggap telah mencela produk Es Teh Indonesia.

Berikut Deretan Fakta-Fakta Terkait Es Teh Indonesia

1. Angkat Nagita Slavina menjadi CEO Es Teh Indonesia

Pertengahan bulan Juli 2022 Es Teh Indonesia sempat mengejutkan warganet dengan mengangkat Nagita Slavina menjadi CEO Es Teh Indonesia.

Istri Raffi Ahmad ini sah menjadi CEO Es Teh Indonesia mulai Kamis, 14 Juli 2022.

Es Teh Indonesia di akun Instagramnya, @esteh.indonesia. Es Teh Indonesia pun berharap dengan hadirnya Nagita, brand minuman itu bisa menjadi lebih baik di kemudian hari.

“Kamis, 14 Juli 2022. Nagita Slavina resmi menjabat sebagai CEO baru Esteh Indonesia. Nagita Slavina hadir agar Esteh Indonesia lebih baik lagi ke depannya dari segi kualitas produk, kualitas pelayanan dan akan semakin menancapkan kaki sebagai pioneer serta market leader F&B Indonesia yang akan mendunia,” tulis akun @esteh.indonesia.

Dengan langkah ini, maka Esteh Indonesia resmi jadi ‘BUMN’ alias Badan Usaha Milik Nagita, sementara karyawan Esteh Indonesia kini menyandang status ‘PNS’ alias Pegawai Nagita Slavina .

Mohon support dan doanya yang terbaik dan harapan yang tinggi untuk Esteh Indonesia berkembang lebih hebat ya! Finally karyawan Esteh Indonesia SAH jadi PNS gais, Pegawai Nagita Slavina ,” jelas Esteh Indonesia dalam postingan aku Esteh Indonesia.

Strategi menjadikan Nagita sebagai CEO membuat omset Es Teh Indonesia melejit.

2. Esteh Indonesia sendiri mulai didirikan pada tahun 2018.

Esteh Indonesia menyebut istilah outlet atau cabangnya dengan sebutan kebun.

Dilansir dari Tribunwiki, per 5 September 2022, bisnis ini secara resmi telah beroperasi di 945 kebun yang tersebar di seluruh Indonesia.

Variasi menu minuman di Esteh Indonesia berjumlah kurang lebih 22 varian rasa dengan topping yang berbeda-beda.

Adapun kisaran harganya mulai dari Rp6 ribu hingga Rp25 ribu.

3. Visi dan Misi

Brand Esteh Indonesia memiliki visi menjadi menjadi market leader perusahaan F&B yang menghasilkan pengusaha Indonesia berkualitas melalui media pengembangan dan pembelajaran berbasis teknologi

Misinya menciptakan Merek F&B yang Bertaraf Internasional, menunjang Lingkungan Belajar Enterpreneur dan Interpreneur yang Bermanfaat dan mewujudkan 7000 Pengusaha Berkualitas di Tahun 2026 dalam Semangat Gotong Royong

4. Harga Franchise Rp 130 Juta

Harga franchise Esteh Indonesia adalah Rp130 juta.

Harga tersebut sudah termasuk dengan lisensi dan peralatan untuk membuka gerai.

Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya booth atau gerainya.

Didirikan Haidhar Wurjanto

Diketahui pendiri Es Teh Indonesia adalah Haidhar Wurjanto.

Haidhar merupakan lulusan dari Jurusan Manajemen di Institut Pertanian Bogor tahun 2009.

Sosok Haidhar Wurjanto memiliki jiwa bisnis yang sangat kuat, ia pernah merintis berbagai macam bisnis seperti aksesoris, makanan, dan minuman.

Dikenal sebagai sosok yang memiliki kepribadian yang sederhana dan humoris membuatnya juga bisa melahirkan produk yang luar biasa yang ia beri nama Es Teh Indonesia.

Haidhar Wurjanto mampu menyulap Es Teh yang sederhana menjadi minuman bermerek yang beromset milyaran.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Haidhar Wurjanto menjunjung tinggi visi “Meningkatkan harkat dan martabat Teh Indonesia”.

Siapa sangka jika Es Teh Indonesia yang kini sudah banyak cabang yang buka di berbagai macam daerah, ternyata berawal dari pameran.

Pada tahun 2018 Haidhar Wurjanto menyewa sebuah booth kecil pameran di daerah Kemang Village, Jakarta.

Dengan modal sekitar Rp 5 Juta an saja, ia berani memulai bisnis es tehnya tersebut, namun ternyata antusiasme masyarakat sangat tinggi dengan produk yang dijual Haidhar Wurjanto.

Haidhar Wurjanto sebelum memutuskan akan berbisnis minuman es teh, ia terlebih dahulu melakukan riset pasar.

Ternyata menjual Es Teh sangat memiliki peluang pada saat itu, alasannya adalah es teh memiliki harga yang terjangkau dan mayoritas orang Indonesia suka minum es teh setiap harinya.

Selain itu Haidhar Wurjanto melihat minuman yang paling banyak dipesan orang saat di restoran, cafe, dan tempat makan lainnya adalah minuman es teh.

Walaupun masih terbilang muda, kehadiran Es Teh Indonesia menjadi primadona baru dalam pasar minuman kekinian, walaupun brand lokal Es Teh kini berhasil membuka 300 gerainya di seluruh Indonesia dan ini akan terus bertambah.

Banyak pihak mengapresiasi yang sudah dikerjakan oleh Haidhar Wurjanto dan Es Teh Indonesia.

Salah satunya datang dari Wali Kota Bogor yaitu Bima Arya yang menyebut prestasi Haidhar Wurjanto patut untuk diacungi jempol, karena selain menjadi contoh bagi generasi milenial untuk bisa membuka lapangan kerja, juga Haidhar Wurjanto mampu menumbuhkan perekonomian di Indonesia.

Terlahir menjadi seorang pengusaha tak membuat sosok Haidhar Wurjanto hanya diam pada satu bisnis saja.

Ternyata Haidhar Wurjanto memiliki beberapa bisnis yang kini menjadi sumber kekayaannya.

Pertama ada bisnis Susu Momo yang merupakan bisnis susu yang sukses meraup untung hingga Rp 250 juta.

Kedua ada bisnis Kopi dan Dapur Raindear yang merupakan tempat bersantai outdoor dengan sajian kopi dan santapan kekinian.

Ketiga ada bisnis kue kekinian yang merupakan bisnis yang ia jalankan bersama Arief Muhammad dan Tiara Pangestika, influencer ternama di Tanah Air.

Somasi Pelanggan

Sebelumnya, pemilik akun mengeritik Es Teh Indonesia karena dianggap terlalu manis dan berpotensi merusak kesehatan.

Pihak PT Es Teh Indonesia Makmur pun melayangkan somasi.

Berikut ini salinan surat somasi.

SOMASI

Nomor: 001/EKS/LEGAL/ST-EIM/IX/2012

Kepada

Pemilik Akun Twitter “Gandhoyy”

Di

Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya Informasi yang Kami terima terkait salah satu produk ESTEH INDONESIA di media sosial Twitter yang saudara berikan dengan bukti tertuang pada URL (telah dihapus). Kami menyadari dan selalu membuka pintu terhadap kritik dan saran dari konsumen tanpa terkecuali, sehingga dapat selalu berinovasi terhadap kualitas produk dan pelayanan Kami. Akan tetapi harap dimengerti dan diketahui bahwa kritik dengan penghinaan tau informasi yang menyesatkan adalah hal yang berbeda. Adapul hal keberatan yang Kami ingin sampaikan, sebagai berikut:

1. Bahwa adanya pernyataan atas rasa manis pada produk adalah bersifat subjektif yang berhak dimiliki semua Pihak, dan Kami telah memberikan opsi lain sesuai kebutuhan dari konsumen (hak untuk memilih). Sehingga kurang pantas menyatakan bahwa produk Chizu Red Velvet (“Minuman”) seperti gula seberat 3Kg. Kami menganggap pernyataan tersebut dapat menyebabkan pemberian informasi keliru dan/atau menyesatkan kepada konsumen/publik;

2. Bahwa adanya kata-kata “hewan” dan kata yang kurang baik lainnya ditujukan kepada Kami selaku pemilik merek dan pencipta produk Minuman tersebut.

Sehingga Kami merasa terhina/pencemaran nama baik atas pernyataan yang telah saudara berikan yang dapat melukai hati keluarga besar ESTEH INDONESIA.

Berdasarkan hal-hal yang telah disebutkan di atas, dengan ini Kami memperingatkan dan menegor dengan keras (somasi) saudara untuk segera melakukan penghapusan dan klarifikasi atas pernyataan (tweet) pada Akun Twitter pribadi saudara, paling lambat 2×24 jam sejak tanggal surat ini.

Demikian surat somasi ini Kami sampaikan, untuk menjadi perhatian saudara.

Bogor, 24 September 2022

Hormat Kami,

PT Esteh Indonesia Makmur

Brian Michel

Legal.”

Direspon @gandhoyy

Pemilik akun @gandhoyy pun telah merespon somasi tersebut dengan cara menghapus tweet-nya dan menyampaikan permohonan maaf.

“Selamat pagi, perkenalkan saya Gandhi sebagai pemilik akun Twitter @gandhoyy yang pada berberapa hari lau saya membuat twit yang tidak mengenakkan kepada perusahaan minuman PT. ES Teh Indonesia Makmur yang dimana saya mencela produk yang saya konsumsi yang menyebabkan kerugian pada perusahaan minuman terkait.”

“Sehingga disini saya sendiri ingin memohon maaf kepada PT. ES Teh Indonesia Makmur karena saya telah membuat twit yang ramai diperbincangkan publik yang berhubungan dengan salah satu produknya yaitu ‘Chizu Red Velvet’ yang saya beropini dan juga sekaligus menjelekkan nama produk, pemberian informasi yang keliru, kandungannya, dan nama perusahaan,” demikian kicauan pemilik akun.

Dikira Mainan, Ternyata Kalung yang Dipakai Nagita Slavina Seharga Rp13 Juta: Bisa Buat DP Perumahan