KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Rupanya masih banyak pengguna Windows yang masih ragu dan belum memahami soal sistem pembayaran sistem operasi Windows 10 itu apakah gratis dan apa saja perubahan serta perbedaan dengan versi Windows sebelumnya.

Bagi mereka yang sebelumnya menggunakan Windows 7 dan Windows 8.1, bisa meningkatkan dan aktivasi secara otomatis ke Windows 10 secara gratis. Promosi ini sebenarnya telah berakhir pada bulan Juli 2016 silam, namun rupanya sampai sekarang masih berlaku.

Namun jika melihat ke halaman Microsoft Store, Windows 10 Home dijual seharga Rp2,5 jutaan dan versi Pro seharga Rp4,5 jutaan. Pertanyaannya adalah, apakah perlu melakukan aktivasi Windows 10?

Saat ini pengguna yang baru memasang Windows 10 di perangkat mereka bisa melewatkan pembayaran untuk lain waktu, sehingga aktivasinya pending. Namun jika tidak melakukan aktivasi maka mereka tidak akan bisa mendapatkan fitur dan alat-alat Windows 10 secara maksimal. Berikut beberapa fitur yang tidak bisa digunakan jika belum melakukan aktivasi Windows 10.

Pengaturan Personalisasi

Seperti yang sudah dijelaskan di situs resmi Microsoft, jika pengguna tidak melakukan aktivasi, mereka tidak akan bisa mengakses halaman kustomisasi di perangkat mereka. Ini artinya, mereka tidak bisa mengubah pengaturan default untuk Start Menu.

Mengubah Lock Screen dan Wallpaper

Di halaman konfigurasi, jika belum melakukan aktivasi maka tidak bisa melakukan perubahan di layar desktop untuk mengganti gambar dengan foto atau wallpaper yang diinginkan.

Mengubah Font Teks

Tanpa melakukan aktivasi, pengguna tidak akan bisa mencari font untuk teks yang dimunculkan di layar sesuai dengan keinginan.

Pengaturan Taskbar

Microsoft dikabarkan akan menambahkan opsi baru di Taskbar, yang akan memungkinkan pengguna untuk mengakses file dari aplikasi yang ada dengan opsi Open File Location. Pembaruan lainnya di Taskbar adalah di fitur menu konteks yang bisa diatur melalui halaman Settings. Opsi pengaturan Taskbar di halaman Settings itu tidak akan bisa diakses jika belum melakukan aktivasi Windows 10.

Melakukan Sinkronisasi Antar Perangkat

Jika pengguna memakai akun Microsoft untuk melakukan sinkronisasi file dan pengaturan di beberapa perangkat, Windows 10 tidak akan mengizinkan terhubungnya perangkat jika masih belum diaktivasi. Oleh karena itu, pengguna tidak akan bisa menggunakan layanan akun Microsoft untuk melakukan sinkronisasi pengaturan antar perangkat.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.