Indonesia Tersingkir dari Sudirman Cup 2023, Fajar Alfian Minta Maaf Timnya Kandas Gegara China

Indonesia Tersingkir dari Sudirman Cup 2023, Fajar Alfian Minta Maaf Timnya Kandas Gegara China

kabinetrakyat.com – Indonesia telah tersingkir dari ajang Sudirman Cup 2023 . Hal ini didapatkan karena kekalahan total dalam laga perempat final melawan China pada Jumat, 19 Mei 2023.

Indonesia terpaksa angkat koper lebih cepat di babak perempat final Sudirman Cup 2023 karena tiga sektor yang dimainkan langsung direbut sepenuhnya oleh China , yakni ganda campuran, tunggal putra, dan tunggal putri.

Berkaitan dengan ini, kapten tim bulu tangkis Indonesia untuk Sudirman Cup 2023 , Fajar Alfian tampil menyampaikan permohonan maaf atas segala upaya yang telah mencapai batas akhir.

“Halo semuanya untuk pendukung dan masyarakat Indonesia . Saya pribadi sebagai kapten tim Sudirman Cup 2023 , mohon maaf atas kekalahan ( Indonesia ) di quarter final ini,” ujar Fajar Alfian dalam pernyataan lisan di akun Instagram @badminton.ina, dikutip Pikiran-Rakyat.com pada Sabtu, 20 Mei 2023.

“Saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya,” ujarnya menambahkan

Meski adanya kekecewaan, Fajar meminta semua rekan-rekannya yang terlibat dalam ajang Sudirman Cup 2023 dapat segera bangkit, mengingat berbagai turnamen individu masih terus berlanjut sesuai kalender tahunan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

“Semoga semua bisa tegakkan kepala lagi, bisa bangkit lagi untuk pertandingan selanjutnya,” ujarnya menyampaikan pesan.

Diketahui, Indonesia memulai laga perempat final dengan penampilan pasangan gado-gado Rinov Rivaldy-Gloria Emanuelle Widjaja yang menghadapi pasangan ganda campuran nomor satu dunia asal China , Zheng Siwei-Huang Yaqiong.

Selama gim pertama, Rinov-Gloria sukses mengejutkan pasangan Zheng-Huang karena memiliki pola permainan yang benar-benar asing, sehingga kemenangan diraih mudah.

Akan tetapi, gim kedua adalah perubahan besar-besaran lantaran Zheng-Huang makin meningkatkan tensi laga dan mengendalikannya, sehingga laga berakhir dengan kemenangan untuk China .

Begitulah juga yang terjadi pada gim ketiga, saat Rinov-Gloria dipaksa mengakui keunggulan Zheng-Huang.

Laga partai ganda campuran itu berakhir kekalahan untuk Indonesia atas China dengan skor 21-13, 21-23, 21-11.

Berlanjut ke partai tunggal putra, penampilan Anthony Sinisuka Ginting sempat memberi harapan saat poin-poin awal melawan Shi Yuqi.

Tak disangka, semua langsung berubah, Ginting malah dikendalikan dengan mudah sampai selesainya gim kedua oleh wakil tuan rumah itu.

Akhirnya, Ginting dipaksa mengakui keunggulan Shi Yuqi dalam laga itu dengan skor akhir, 20-22, 14-21.

Beralih ke partai tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung berupaya melawan Chen Yufei, tetapi lagi-lagi berlangsungnya dua gim dikendalikan sepenuhnya oleh pihak China .

Gregoria pun ikut mengakui keunggulan Chen Yufei dengan skor 20-22, 12-21.

Dengan hasil ini, Indonesia kembali menghentikan sementara harapan untuk membawa pulang Sudirman Cup.***

Pos terkait