KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Microsoft telah memberikan banyak fitur menarik melalui Windows 11, bahkan ada banyak fitur yang sebelumnya tak terpikirkan bahwa fitur tersebut benar-benar. Fitur memeriksa penggunaan kuota misalnya, kini bukan hanya tersedia di Surface Duo melainkan di Windows 11 itu sendiri, Sabtu (31/12).

Pernahkah Anda terpikirkan mengenai jumlah pemakaian kuota di Windows 11? Misalnya ketika Anda sedang tak terhubung ke dalam jaringan Wi-Fi di rumah, akhirnya memutuskan untuk menggunakan jaringan Hotspot yang ada di ponsel. Tentu saja PC akan menggunakan kuota ponsel Anda yang mana dari pemakaian kartu SIM.

Seperti halnya di ponsel, kita tentu selalu was-was ketika menggunakan akses internet dengan jaringan kartu SIM. Karena memang penggunaan kuota terbatas, juga apabila diberikan aksesnya ke perangkat PC maka penggunaan kuota akan semakin banyak.

Di Windows 11, Microsoft masih memberikan dukungan yang sama seperti Windows 10 di mana mampu untuk memeriksa pemakaian kuota baik dari Wi-Fi maupun jaringan Hotspot. Bahkan ketika Microsoft merilis versi Windows 11 22H2, mereka masih memberikan fitur ini lho.

Lantas, bagaimana cara memeriksa pemakaian kuota selama kita berselancar di internet? Ikuti beberapa langkah di bawah ini, simak selengkapnya.

    Akses Settings di Windows 11.

    Pilih Network & Internet.

    Cari dan pilih Advanced Network Settings.

    Kemudian nantinya Anda akan menemukan pilihan Data Usage, klik saja.

    Hasilnya akan langsung keluar.

Hasil Pemakaian Kuota Data di Windows 11

Umumnya hasil akan langsung keluar, namun dalam beberapa versi Insider Program harus menunggu beberapa detik saja untuk kemudian Windows 11 akan menampilkan pemakaian data selama terhubung ke jaringan internet.

Perhitungan yang dilakukan oleh Windows 11 ialah penggunaan data selama 30 hari terakhir, atau 1 bulan penuh. Namun Anda juga bisa melihat detail dari tanggal dan hari apa pemakaian data terbesar yang telah Anda kumpulkan.

Tampilan pemakaian data di Windows 11 juga sama seperti di Windows 10, bahkan sama seperti kita mengakses fitur serupa di ponsel. Windows 11 secara otomatis akan menampilkan daftar aplikasi mana saja yang paling banyak mengonsumsi pemakaian data selama 1 bulan terakhir.

EDITOR: HUDALIL MUSTAKIM

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.