KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Kementerian ESDM langsung menurunkan inspektur migas untuk mencari penyebab kebakaran tangki minyak PetroChina di Jambi. Investigasi tersebut masih berjalan hingga saat ini.

“Kementerian ESDM langsung menerjunkan Inspektur Migas ke lokasi kejadian kebakaran Rig Bohai-85 di sumur WBD-7 Wilayah Kerja PetroChina International Jabung Ltd. Saat ini, Tim Inspektur Migas masih terus melakukan investigasi untuk mencari fakta dan penyebab kejadian tersebut,” kata Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM, Mirza Mahendra kepada detikcom, Rabu (11/1/2023).

Mirza mengatakan, dari hasil investigasi awal ditemukan kebakaran tersebut diawali saat asisten elektrik menyalakan power shale shaker. Kemudian, terjadi percikan api yang mengenai lapisan minyak di atas tangki lumpur.

“Hasil investigasi awal bahwa kejadian kebakaran diawali saat asisten elektrik menyalakan power shale shaker, kemudian terjadi percikan api yang mengenai lapisan minyak di atas tangki lumpur sehingga terjadi kebakaran. Kemudian telah diambil tindakan pemadaman api menggunakan fire pump, dan sumur di shut-in sementara,” jelasnya.

Jelasnya, api berhasil dipadamkan dalam waktu 15 menit. Kebakaran itu menimbulkan korban yakni 2 orang luka bakar dan 1 orang luka ringan.

“Kebakaran berhasil dipadamkan oleh tim fire fighting dalam waktu 15 menit. Terdapat 2 orang korban luka bakar (telah dilakukan penanganan medis di rumah sakit) dan 1 orang korban dengan luka ringan sudah diperbolehkan kembali pulang pada tanggal 10 Januari lalu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, investigasi terkait kebakaran itu hingga saat ini masih berlanjut. “Investigasi masih berlanjut dan akan dilaporkan secara lengkap setelah investigasi selesai,” kata Mirza.