kabinetrakyat.com – Instagram sedang menguji pengaturan baru bagi pengguna untuk mengontrol jenis konten apa yang ingin lihat di platform.

Meta mengatakan di dalam blog resminya, pengujian tersebut mencakup kemampuan pengguna untuk memilih beberapa postingan dan menandainya menggunakan tombol “tidak tertarik” atau “not interested”.

Ini akan membuat aplikasi mengetahui bahwa pengguna tidak ingin melihat konten serupa yang telah ditandai.

Saat ini, pengguna dapat mengeklik satu pos untuk menandainya, tetapi tidak ada cara untuk melakukannya dalam skala besar.

Selain itu, Instagram juga akan segera mulai menguji cara bagi pengguna untuk membuat daftar kata kunci, frasa, emoji, dan tagar di postingan yang direkomendasikan, namun tidak diminati dan tidak ingin dilihat oleh pengguna.

Sebelumnya, TikTok meluncurkan fitur berbasis kata kunci serupa pada Juni.

Fitur ini memberi pengguna kemampuan untuk “tidak menyukai” video yang mengarahkan algoritme platform ke lebih banyak konten yang ingin pengguna lihat.

Dilansir dari The Verge, Rabu (31/8/2022), kontrol baru di Instagram hadir setelah pengguna memprotes perubahan yang masif di platform.

Pasalnya, banyak pengguna Instagram yang kecewa dengan jumlah konten yang direkomendasikan yang muncul di feed dari akun yang tidak diikuti.

Instagram telah menawarkan beberapa cara untuk menyesuaikan feed pengguna, seperti menunda postingan yang disarankan selama 30 hari dan menambahkan orang ke daftar “Favorit” agar postingan dari akun tersebut tidak terlewatkan.