Kabinetrakyat.comPT. Citra Lampia Mandiri (CLM) bekerjasama dengan PT. Indo Nickel Industri (PT. INI) membuat sarana pemrosesan dan pemurnian (smelter) di dekat daerah tambang di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Hal itu buat memberikan dukungan program hilirisasi yang digerakkan pemerintahan.

“Ini sesuai dengan program pemerintahan dalam tingkatkan kualitas ekspor hasil tambang,” kata Direktur Khusus CLM Helmut Hermawan lewat pengakuannya, Jumat (19/8/2022).

Menurutnya dalam membuat industri tambang itu diaplikasikan aktivitas pertambangan dengan benar dan baik (good mining practice). Salah satunya, kesehatan serta keselamatan kerja (K3) pertambangan, keselamatan operasi pertambangan, pengendalian dan pengawasan lingkungan pertambangan, terhitung reklamasi dan pasca tambang.

Di lain sisi, buat mneingkatkan performa, pihaknya lakukan integratif rantai suplai nikel untuk pastikan keunggulan dan efektivitas dan membuat jalinan yang kuat dengan rekanan usaha dan mengedepankan keterkaitan sekitaran tempat tambang.

Tidak itu saja, Helmut Hermawan jaga norma pertambangan dengan masih tetap melestarikan lingkungan dan melakukan program sosial disekitaran daerah tambang. “Kami konsentrasi memberikan dukungan kapabilitas pegawai, pemberdayaan warga lokal, dan memiliki komitmen dalam jaga lingkungan,” katanya.

Sebagai informasi, dood mining practice bukan hanya mengatur tambang jadi rapi, tetapi memprioritaskan kesehatan serta keselamatan kerja (K3), keselamatan operasi (KO) dan lingkungan, dan sustainable mining dengan lakukan konservasi pada sumber daya pertambangan.