kabinetrakyat.com – Presiden Joko Widodo mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai BBM ( BLT BBM ) pada Rabu, 31 Agustus 2022.

BLT BBM tahap 1 disalurkan oleh Jokowi didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini. Bantuan tersebut akan diserahkan ke 20,6 juta Kader Pembangunan Masyarakat ( KPM ).

Penyaluran BLT BBM tersebut dimulai dari wilayah Indonesia timur, tepatnya Provinsi Papua .

Penyaluran BLT BBM dimulai di kantor pos Kabupaten Jayapura di Sentani. Simbolis penyerahan bantuan BLT BBM dilakukan perdana kepada 100 KPM .

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyaksikan secara langsung proses penyalurannya.

Dia juga mengungkap harapannya akan penyaluran bantuan tersebut.

“Penyerahan ini dilakukan agar daya beli dan konsumsi masyarakat jadi lebih baik,” tutur Jokowi seperti dilaporkan laman Kementerian Sosial.Selama kunjungan ini, Jokowi juga didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Tim Direktorat Jaminan Sosial Kemensos, dan PT Pos Indonesia Cabang Sentani.

Selain penyaluran BLT BBM , Presiden Jokowi meninjau Rumah Sehat Kampung Doyo Baru, Jayapura, untuk memastikan akan adanya ekosistem perumahan yang baik.

Tujuan dari rumah sehat adalah untuk puluhan kepala keluarga yang tertimpa bencana banjir bandang dan longsor pada 2019 di wilayah Doyo Baru.

Dia mengatakan, pembangunan rumah sehat bukan hanya untuk tempat tinggal, tetapi juga sebagai lahan pemberdayaan bagi masyarakat dengan disiapkannya perkarangan untuk bercocok tanam.

Dilansir dari Antara, masyarakat bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk menanam berbagai sayuran seperti atau bahkan untuk beternak babi dan lele.

Rumah Sehat merupakan bantuan dari Kementerian Sosial untuk 76 kepala keluarga.

Kunjungan Presiden ke Rumah Sehat merupakan salah satu rangkaian kunjungan kerja di Provinsi Papua sejak Selasa 30 Agustus 2022.

Setelah kunjungan di Provinsi Papua selesai, presiden akan berangkat ke Bandara Internasional Sentani untuk lepas landas menuju Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Timika.

Dia akan bersilaturahmi dengan karyawan PT Freeport Indonesia di Sport Hall, Distrik Tembagapura. (Katiasa Utami)***