kabinetrakyat.com – Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Pademangan Komisaris Polisi Happy Saputra menyambangi warga di kantor Rukun Warga (RW) 10 Kelurahan Pademangan Barat saat hujan mengguyur Jakarta Utara, Jumat malam.

Kapolsek menyambangi warga RW 10 Pademangan Barat sekitar pukul 20.00 WIB guna membagikan 100 paket bantuan sosial (bansos).

“Mengingat cuaca hujan, kami meminta warga agar menjaga wilayahnya,” kata Happy di Jakarta Utara, Jumat.

Sebelumnya, BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini diindikasikan terdapat signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah, termasuk DKI Jakarta.

Dalam laman signature.bmkg.go.id, Kecamatan Pademangan dan Tanjung Priok termasuk wilayah yang terdampak fenomena tersebut di Jakarta Utara.

Diharapkan pihak-pihak terkait melakukan persiapan antara lain:

1. Memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

2. Melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

3. Melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh, dan menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.

4. Menggencarkan secara lebih masif melalui sosialisasi, edukasi dan literasi untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat dan pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi).

5. Lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometeorologi.

6. Terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dari BMKG, secara lebih rinci dan detail untuk tiap kecamatan di seluruh wilayah Indonesia, melalui :

a) Website BMKG https://www.bmkg.go.id, untuk prakiraan cuaca hingga level Kecamatan;

b) Akun media sosial @infobmkg;

c) Aplikasi iOS dan android “Info BMKG”;

d) Call Center 196 BMKG; atau

e) Langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.