KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan subsidi pupuk komoditi singkong mungkin didapatkan sebab saat ini sedang ada evaluasi kembali di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

“Soal subsidi pupuk di DPR sedang dilakukan evaluasi kembali, mungkin pupuk untuk singkong jadi prioritas,” kata Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian RI Jan S Maringka, di Lampung Selatan, Jumat.

Ia mengungkapkan bahwa singkong tidak mendapatkan pupuk subsidi karena pada saat itu komoditi tersebut bukan menjadi prioritas utama, namun melihat kondisi sekarang, bukan tidak mungkin akan menjadi perhatian pemerintah.

“Peraturan itu kan dapat direvisi setiap tahunnya menyesuaikan kebutuhan bisa jadi singkong saat itu belum jadi perhatian, bukan tidak mungkin kondisi terkini memungkinkan singkong jadi prioritas untuk dapatkan pupuk subsidi,” ujarnya.

Jan mengatakan bahwa hal tersebut berkenaan dengan komoditi singkong yang memiliki potensi guna mendukung ketersediaan pangan alternatif, seperti sorgum di daerah lainnya.

“Di Lampung ini selain padi, singkong juga jadi unggulan. Maka kami akan dukung, semoga singkong jadi perhatian untuk dapat pupuk subsidi,” kata dia.

Menurutnya dengan lebih variatifnya potensi pertanian yang dapat dijadikan sebagai sumber makanan alternatif, Indonesia tidak harus lagi bergantung dengan gandum guna memenuhi kebutuhannya.

Kemudian, lanjut dia, dalam mengantisipasi krisis pangan, Indonesia diuntungkan dengan letak geografisnya dan alamnya.

“Kita memiliki keunggulan letak wilayah yang tersebar ini menjadi kekuatan dan keunggulan. artinya daerah yang diunggulkan untuk menanam komoditi tertentu sebagai alternatif pangan seperti sorgum guna membangun ketahanan pangan,” kata dia.