kabinetrakyat.com – Apa yang paling ditakuti oleh para perempuan? Salah satunya -tentu, penuaan kulit wajah yang datang seiring bertambahnya usia.

Tak bisa dipungkiri, ada banyak sekali permasalahan kulit yang menjadi kekhawatiran perempuan.

“Umumnya, penuaan dapat terjadi dalam tiga tahapan, yaitu tahap pertama adalah early aging, di mana muncul age spots dan kerutan halus di dahi.”

“Tahap kedua adalah tahap aging, munculnya kerutan halus di sekitar mata dan mulut saat berekpresi.”

“Dan, tahap ketiga adalah tahap advanced aging, kerutan mulai terlihat di sekitar mata, mulut, dan leher walaupun wajah sedang tidak berekspresi.”

Demikian penjelasan yang pernah diberikan dr Erawati Moegi, SpKK dalam sebuah acara di Jakarta, beberapa waktu lampau.

Nah, bertambahnya usia juga menjadi faktor dominan yang menyebabkan kulit wajah mengalami penuaan. Tidak bisa dihindari.

Sekalipun tak dapat dihindari, kita bisa melakukan pencegahan dini yang dapat membuat kulit terjaga kekenyalannya, dan tetap segar meski usia terus bertambah.

Perubahan kulit wajah tersebut terjadi karena struktur kulit mengikuti pergantian usia. Tidak hanya itu, faktor tubuh dan alam turut memengaruhinya.

Faktor intrinsik dan ekstrinsik

“Ada dua faktor yang menyebabkan perubahan kulit, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik.”

“Faktor intrinsik disebabkan oleh genetik, dan hanya 20 persen berkontribusi pada penuaan kulit.”

“Sedangkan, faktor ekstrinsik disebabkan oleh paparan sinar matahari, serta sebanyak 80 persen yang berkontribusi pada penuaan kulit,” imbuh dia.

Perawatan kulit wajah yang teratur dan sesuai dengan kebutuhan kulit akan membantu secara aktif melawan tanda-tanda penuaan dengan tepat.

Jangan lupa pula, produk perawatan kecantikan penting adanya sebagai pendukung kesehatan kulit.

Selama bulan Ramadhan, umat muslim melaksanakan ibadah puasa.