KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Sebagian besar orang menjadikan minum kopi sebagai ritual wajib di pagi hari sebelum melakukan kegiatan.

Hal ini disebabkan karena kopi mengandung kafein yang dapat membantu kita lebih berenergi dan membuat kita tidak mudah ngantuk sepanjang hari.

Nah, meskipun menyeduh kopi terlihat seperti sesuatu yang mudah untuk dilakukan, tapi masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam saat menyeduh kopi.

Maka dari itu, untuk membuat secangkir kopi yang kental dan lezat, kita harus mengetahui beberapa kesalahan umum dalam menyeduh kopi, yang kerap tak disadari.

1. Memakai air yang kurang panas

Banyak dari kita menyeduh kopi dengan memakai air yang kurang panas.

Padahal, suhu air paling baik dalam membuat kopi idealnya adalah 90-96 derajat celcius dan air dalam kisaran ini mampu mengekstrak rasa paling banyak dari biji kopi.

Selain itu, kita juga bisa beralih ke metode french press atau pour-over (chemex atau filter keramik), di mana air yang baru saja mendidih dituangkan di atas biji kopi dan direndam selama 3-4 menit.

2. Menggunakan biji kopi yang sudah lama digiling

Membeli biji kopi yang sudah digiling adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

Karena, begitu biji kopi digiling, biji kopi mulai melepaskan nuansa rasanya. Jadi, semakin lama kita menunggu untuk menyeduh, semakin banyak rasa yang akan berkurang.

Untuk itu, berinvestasilah pada penggiling pisau berbiaya rendah atau gunakan penggiling duri untuk hasil gilingan yang lebih halus, supaya kita bisa langsung menggiling kopi yang akan kita buat di rumah.

3. Rasio kopi dan air yang salah

Pernah mencicipi secangkir kopi dan berpikir bahwa kopi itu tidak memiliki aroma yang kuat?

Mungkin saja itu karena terlalu banyak air atau tidak cukup kopi yang membuat proporsinya kurang bekerja secara maksimal.

Untuk itu, kita dapat mengatur rasio yang tepat dengan dua sendok makan kopi per cangkir dan kemudian memodifikasi seduhan berikutnya jika diperlukan.

4. Kualitas air yang buruk

Memang menggoda untuk menggunakan air keran dan menyeduhnya, karena gratis dan kita hanya perlu menyalakan keran.

Tetapi, kita benar-benar akan merasakan perbedaannya ketika kita beralih ke air yang telah disaring atau mata air botolan maupun galon.

Itu karena air yang ditinggikan ini bebas dari mineral dan tidak asam. Jika tidak, kotoran air keran juga bisa memengaruhi rasa minuman kopi kita.

5. Menuangkan ke dalam cangkir dingin

Jika kita menuangkan cairan panas ke dalam wadah yang suhunya lebih rendah, cairan itu tidak akan bertahan lama, bukan?

Nah, untuk memperpanjang kenikmatan dalam menyeruput kopi, maka kita perlu menghangatkan cangkirnya terlebih dahulu.

Bagian terbaiknya adalah ketika air sudah dalam perjalanan untuk mendidih, cukup tuangkan sedikit air ke dalam cangkir, biarkan di sana saat kopi sedang diseduh.

Lalu, kosongkan cangkir sebelum diisi dengan kopi.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk membilas french press atau pour-over dengan air panas sebelum menambahkan bubuk kopi.

6. Minum dari jenis cangkir yang salah

Cangkir teh porselen mungil yang kita keluarkan untuk minum teh atau cangkir kopi kaca yang kita miliki selama bertahun-tahun akan turun suhunya dengan cepat.

Namun, cangkir yang berdinding tebal akan mempertahankan suhu panas kopi yang mengepul lebih lama.

Jadi, cobalah untuk menemukan cangkir kopi putih berdinding tebal atau cangkir keramik buatan tangan yang kokoh agar kita dapat menyeruput kopi yang nikmat lebih lama.