kabinetrakyat.com – Tangki Pertamina terbakar dan meledak di Balongan Indramayu . Tangki BBM tersebut terbakar karena diduga tersambar petir saat hujan lebat yang terjadi pada Rabu, 7 Agustus 2022.

Berdasarkan video amatir yang beredar, terlihat api dengan ganas melahap salah satu tangki penyimpanan BBM milik Pertamina tersebut.

Meski dari kejauhan, terlihat api mebumbung tinggi hingga menyebabkan langit di sekitarnya yang masih gelap berubah menjadi oranye.

Mengutip PMJ News, Kamis, 8 Agustus 2022, ledakan tangki Pertamina itu terdengar jelas dan menyebabkan sejumlah masyarakat sekitar panik.

Menurut warga di sekitar lokasi kejadian, kobaran api tangki berisi BBM jenis pertalite tersebut, sebelum terjadi kebakaran sempat terdengar ledakan.

“Sempat dengar ledakan. Lalu melihat kobaran api dari tangki BBM tersebut,” ujar seorang warga bernama Amin.

Api baru berhasil dipadamkan sekitar dua jam setelah terjadinya kebakaran.

Sementara, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan kebakaran terjadi di PV Valve Tangki 107 Integrated Terminal Balongan.

Dia menyatakan bahwa PT Pertamina bakal menginvestigasi penyebab kebakaran tangki BBM Balongan Indramayu .

Menurut penuturannya, kejadian kebakaran terjadi pada Rabu malam sekitar 23.40 WIB. Api berhasil padam pada Kamis besoknya, sekitar pukul 01.03 dini hari WIB.

“Penyebab kebakaran (di PV Valve Tangki 107 Integrated Terminal Balongan), masih dalam investigasi,” ujarnya dikutip dari Antara.

Eko memastikan insiden kebakaran yang terjadi tidak menimbulkan korban luka maupun tewas. “Dapat dipastikan saat ini sudah ditangani dengan baik oleh tim,” katanya.

Dia juga memastikan operasional penyaluran BBM tidak terhambat dan berjalan normal sediakala. “Kami memastikan pasokan BBM kepada masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan,” ujarnya menegaskan.***