kabinetrakyat.com – Istana Buckingham merilis pengumuman kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. Ratu Inggris tersebut meninggal di usia 96 tahun setelah kondisi kesehatan yang memburuk dalam dua tahun belakangan.

Elizabeth tercatat menjadi ratu terlama yang memimpin sebuah kerajaan dalam sejarah dunia. Posisinya tersebut melampaui Louis XIV, Raja Perancis yang berkuasa selama 72 tahun.

Di balik usianya yang panjang dan sosoknya yang anggun. Ternyata sang ratu memiliki banyak fakta unik hingga rahasia ‘kecil’ yang tidak diketahui banyak orang.

1. Bujet nikah minim

Saat menikah dengan Pangeran Philip di Westminster Abbey pada 20 November 1947, ratu yang saat itu masih menyandang status putri menggunakan gaun pernikahan yang dibeli dengan jatah kupon.

Menurut New York Post, hal ini dilakukannya karena krisis keuangan yang berkepanjangan di Inggris.

Pemerintah pun memperkenalkan kupon penjatahan untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki akses kepada makanan dan barang penting, termasuk kain sifon dan sutra yang digunakan untuk gaun pengantinnya.

2. Hobi mengemudi, tapi tak punya SIM

Di usia lanjut, Ratu masih hobi mengendarai Jaguar atau Range Rover kesayangannya.

Di balik hobinya ini, ada fakta yang menaik. Ratu Elizabeth II tidak pernah memiliki Surat Izin Mengemudi.

Tidak seperti rakyat biasa di Inggris, yang harus mengikuti tes untuk mengemudikan mobil secara legal, Yang Mulia tidak mengikuti aturan seperti itu.

Faktanya, dikutip dari Cosmopolitan, pemimpin monarki adalah satu-satunya orang di Inggris yang tidak perlu memiliki SIM untuk mengemudi di jalan umum.

3. Punya ATM pribadi & toko kue

Sang Ratu memiliki ATM pribadinya sendiri. Meskipun jarang Ratu membutuhkan akses ke uang tunai, tetapi dia memiliki ATM pribadi di ruang bawah tanah Istana Buckingham.

ATM ini hanya untuk anggota Keluarga Kerajaan saja. Ratu pun ternyata memiliki toko kue, bernama Greggs.

Melalui kerajaan Kerajaan Inggris, Ratu memiliki empat belas area taman ritel dan tiga pusat perbelanjaan – salah satunya termasuk Taman Ritel Gallagher di Cheltenham, lokasi dari toko kue Greggs.

4. Supir truk di Perang Dunia II

Sebelum mengambil alih tahta dari ayahnya, Putri Elizabeth pernah mengajukan diri sebagai sopir truk dan mekanik selama Perang Dunia II.

Keputusannya ini menjadikan dirinya anggota wanita pertama dari keluarga kerajaan yang bertugas di militer.

5. Memelihara 30 anjing corgi

Ratu Elizabeth sangat menyukai anjing jenis corgi. Tak banyak yang tahu, dia memiliki lebih dari 30 dari mereka dalam hidupnya. Bahkan, pernah dalam satu waktu, dia memiliki sebanyak sembilan.

Sebagian besar corgi Yang Mulia diturunkan dari corgi pertamanya, Susan, yang diberikan kepadanya pada ulang tahunnya yang kedelapan belas pada 1944. Beberapa corgi kesayangannya diberi nama Candy, Lissy dan Monty.