kabinetrakyat.com – Mantan presiden Uni Soviet , Mikhail Gorbachev meninggal dunia pada Selasa 30 Agustus 2022 di Moskow , Rusia pada usia 91 tahun.

Diketahui Mikhail Gorbachev telah lama mengidap penyakit serius dan mulai mendapat perawatan di rumah sakit sejak awal pandemi Covid-19.

Kabar meninggalnya Mikhail Gorbachev langsung tersebar ke seluruh negara. Para pemimpin dunia memberi ucapan bela sungkawa atas wafatnya mantan presiden Uni Soviet itu.

“Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan bela sungkawa terdalam atas kematian Mikhail Gorbachev kepada keluarga dan teman-temannya, kata pernyataan Kremlin dikutip Pikiran-Rakyat.com dari RT News.

Lalu Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga menyatakan rasa dukanya atas kepergian Mikhail Gorbachev .

Ia mengenang jasa mendiang mantan Sekjen Partai Komunis itu yang berhasil mengakhiri perang dingin selama 40 tahun.

“Kami mengirimkan bela sungkawa terdalam kepada keluarga dan teman-temannya serta kepada orang-orang di mana pun yang mendapat manfaat dari keyakinannya di dunia yang lebih baik,” ujar Biden.

Para pemimpin dunia lainnya yang memberikan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya Mikhail Gorbachev adalah Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.

Selain itu Presiden Prancis Emmanuel Macron dan mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi juga menyatakan rasa kehilangan dari sosok Mikhail Gorbachev .

Mereka memuji sikap dan tindakan dari Mikhail Gorbachev selama menjadi pemimpin Uni Soviet yang berkomitmen terhadap perdamaian dunia dan turut mengubah sejarah abad 20.

Ucapan bela sungkawa juga datang dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang menggambarkan sosok Mikhail Gorbachev sebagai pemimpin tak kenal lelah untuk perdamaian.

Kemudian mantan Gubernur California sekaligus aktor Hollywood, Arnold Schwarzenegger mengungkapkan rasa duka cita melalui akun Twitternya.

“ Mikhail Gorbachev adalah salah satu pahlawan saya dan merupakan suatu kehormatan serta kegembiraan untuk bertemu dengannya.

“Saya sangat beruntung bisa memanggilnya teman. Kita semua bisa belajar dari kehidupannya yang fantastis,” ucapnya.

Mikhail Gorbachev merupakan presiden pertama dan terakhir Uni Soviet pada 1990 sebelum negara itu bubar tahun 1991.

Mikhail Gorbachev akan dimakamkan di Moscow, Rusia dekat dengan mendiang istrinya yaitu Raisa yang meninggal dunia pada 1999.***