kabinetrakyat.com – PT. Alumindo Light Metal Industry Tbk (ALMI), salah satu perusahaan dalam Maspion Group menandatangani perjanjian kerja sama dengan Sinobec Group dari Kanada di Ruang Kantin Diplomasi, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Penandatangan dilakukan CEO Maspion Group Alim Markus dan CEO Sinobec Group Inc John Li dan disaksikan pejabat Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Martin Cauchon, mantan Menteri Kehakiman Kanada.

CEO Maspion Group Alim Markus mengatakan, kerja sama dengan Sinobec Group ini bertujuan untuk investasi dan pemasaran produk aluminium secara global.

“Seiring dengan semangat dari G20 Presidency, Recover Together and Recover Stronger Maspion Group memilih untuk bekerja sama dengan para pemain dunia dan diantaranya adalah Sinobec Group dari Kanada,” kata Alim dalam acara Signing Ceremony Investment Agreement PT Alumindo Light Metal Industry Tbk and Sinobec Group Kanada, Rabu.

Alim mengatakan, kerja sama investasi dengan Sinobec Group ini sebesar 15 juta dollar AS melalui skema penawaran terbatas dalam waktu 2 tahun di pasar modal yang merupakan 20 persen dari modal disetor perseroan.

Ia mengatakan, dana akan digunakan untuk moderninasi dan perbaikan peralatan dari perusahaan dan modal kerja serta memperluas akses pasar global terutama di Amerika Serikat dan Eropa.

“Dengan kerja sama ini diharapkan perusahaan dapat secara bertahap melakukan pembenahan secara internal dan berkembang lebih lagi di pasar global dan juga di pasar domestik dan mencatat pertumbuhan kinerja yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Alim mengatakan, selama 2021, pihaknya telah berupa memperbaiki kinerja dari Almi di antaranya yaitu penambahan modal tanpa memesan efek terlebih dahulu untuk memperbaiki struktur keuangan perseroan sehingga modal Almi naik sebesar 36,7 juta dollar AS.

“Sehingga kinerja keuangan perseroan di tahun 2022 telah membaik dan mencatat laba, terutama karena menurunnya beban bunga pinjaman sehingga kinerja operasional perusahaan dapat lebih maksimal,” ucap dia.