KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Tempat penukaran uang atau money changer mencatat kenaikan penukaran riyal yang signifikan akhir-akhir ini. Kenaikan ini terjadi karena banyaknya orang Indonesia yang melaksanakan ibadah umroh di akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023.

Hal itu terlihat dari pantauan CNBC Indonesia, sejak pagi menjelang siang, Jumat (6/1/2023) di salah satu tempat penukaran uang Valuta Inti Prima (VIP) Money Changer, Menteng, Jakarta Pusat.

Di VIP Money Changer, harga jual riyal Saudi berada pada level Rp 4.180, sedangkan untuk harga beli riyal Saudi berada di harga Rp 4.160.

Hal ini dibenarkan Suryo, teller operasional VIP Money Changer. Menurutnya, akhir-akhir ini banyak agen umroh yang menukarkan uang untuk membayar tiket pesawat.

“Paling banyak ya USD sama riyal, sekarang sih lagi ramai-ramai USD sama riyal. Kalau USD banyak juga agen umroh haji yang mau bayar tiket pesawat, rame menukar ke USD juga,” terang Suryo saat ditemui di lokasi, Jumat (6/1/2023).

Dari pantauan, terlihat penukaran uang terisi penuh. Para teller sibuk melayani nasabah. Pergantian nasabah cukup cepat terjadi, pasalnya sudah ada deretan nasabah yang mengantre di ruang tunggu. Pelayanan tidak berhenti dilakukan bahkan di jam-jam istirahat kisaran pukul 12.00-13.00 WIB.

Surya mengatakan jam istirahat memang umumnya menjadi waktu terpadat penukaran uang.

“Mulai ramai di atas jam 11 sampai jam 4. Kita buka jam 9. Kebanyakan orang pas jam istirahat baru dia mampir ke sini, kayaknya begitu,” lanjutnya.

Lebih lanjut Surya mengungkapkan penukaran uang dari rupiah ke riyal mulai meningkat sejak September 2022. Pasalnya, sejak bulan itu mulai banyak orang berangkat umroh ke Tanah Suci.

“Semenjak dibuka visa umroh udah mulai ramai dari September 2022 kemarin. Karena buat umroh, buat bayar juga,” katanya.

Namun, Surya membaca tren penukaran riyal semakin meningkat tajam terhitung sejak 3 bulan terakhir. Peningkatan jumlah orang yang berangkat umroh ini sejalan dengan jadwal libur sekolah dan liburan akhir tahun pada akhir tahun lalu. Maka, di saat yang bersamaan para agen travel umroh juga membuka kuota lebih banyak.

“Tapi tiga bulan terakhir lumayan meningkat. Trennya meningkat karena kuota-kuota banyak juga sekarang,” pungkasnya.