kabinetrakyat.com – Mikhail Sergeyevich Gorbachev atau dikenal Mikhail Gorbachev merupakan presiden terakhir Uni Soviet .

Mikhail Gorbachev meninggal dunia di usia 91 tahun pada Selasa, 30 Agustus 2022.

“ Mikhail Gorbachev berpulang malam ini setelah mengidap penyakit yang serius,” ujar kantor berita Interfax mengutip pernyataan dari Rumah Sakit Klinik Pusat Rusia.

Gorbachev lahir pada 2 Maret 1931 di provinsi Stavropol, Rusia Selatan, beliau lahir dari keluarga petani Ukraina-Rusia.

Beliau telah banyak berperan dalam usaha perdamaian dunia, antara lain:

Pada 1987, kedua pemimpin dunia Uni Soviet dan Amerika Serikat menandatangani perjanjian bersejarah yang setuju untuk mengecilkan persenjataan nuklir berbasis darat mereka.

Kesepakatan tersebut mengakhiri kebijakan Tirai Besi yang memisahkan negara-negara Eropa sejak Perang Dunia ke II dan membawa reunifikasi Jerman.

Pada 1990, Gorbachev menerima Hadiah Nobel Perdamaian untuk perannya dalam mempromosikan perdamaian internasional.

Meskipun Gorbachev berhasil mengakhiri peran dingin tanpa pertumpahan darah, tetapi dia gagal mencegah runtuhnya Uni Soviet .

Saat itu, negaranya berada dalam jurang kemiskinan karena ekonomi negara tersebut terbengkalai.

Pabrik dan tambang-tambang bobrok serta merusak lingkungan, seperti yang ditunjukkan oleh bencana nuklir Chernobyl pada tahun 1986.

Kejahatan, alkoholisme dan obat-obatan berada di luar kendali bahkan keresahan sosial tumbuh karena kekurangan pangan.

Pendudukan Soviet di Afghanistan telah menjadi Vietnam Rusia dan Amerika Serikat terus-menerus menaikkan biaya perlombaan senjata ke tingkat yang tidak dapat dipertahankan oleh ekonomi Soviet.

Uni Soviet terpecah selama dua tahun, perjuangan Gorbachev berakhir sia-sia karena hal tersebut membuat warga Rusia sulit untuk memaafkan Gorbachev.

Dukungan dari istri, keluarga, dan teman-temannya yang jadi semangatnya pada saat itu.

Gorbachev digambarkan oleh teman-temannya sebagai seorang yang optimistis dan bermoral, dia selalu berusaha untuk bisa terjun kembali ke dunia politik tetapi pada akhirnya tidak berhasil.

“Gorbachev akan dimakamkan di Permakaman Novodevichy di Moskow, bersebelahan dengan istrinya Raisa yang wafat pada tahun 1999,” ujar kantor berita Tass mengutip dari seorang sumber yang dekat dengan keluarganya. (Yulia Ratnasari)***