KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Paket pengelola Windows 10 (Package Manager) mendapatkan sebuah fitur baru yang menarik yang memungkinkan pengguna untuk mengelola aplikasi apapun yang terpasang secara langsung lewat baris perintah.

Biasanya digunakan di perangkat Linux, Paket Pengelola ini secara lebih jauh bisa membantu pengguna dengan otomatis melakukan pemasangan, peningkatan, dan menghapus aplikasi lewat perintah baris. Lebih membantunya lagi, Paket Pengelola ini secara otomatis menentukan kebutuhan dari program atau aplikasi yang hendak dipasang dan kemudian memasang kebutuhan itu.

Pada tahun lalu, Microsoft telah merilis sebuah Paket Pengelola Windows 10 yang bernama Winget yang memungkinkan pengguna untuk memasang aplikasi yang sedang trending dan populer melalui sebuah repositori yang dikelola oleh Microsoft. Karena program tersebut bisa digunakan melalui baris perintah, program itupun dapat digunakan dalam sebuah skrip, file batch dan rutinitas pemasangan untuk memasang program secara otomatis.

Pekan ini, Microsoft merilis Winget versi 0.3 dan memperkenalkan dukungan untuk sebuah fitur eksperimental yang baru yang secara signifikan akan meningkatkan fungsionalitas program. Dengan rilisan baru ini, Microsoft memperkenalkan dua perintah baru yakni “list” dan “uninstall” yang memungkinkan pengguna mengelola setiap program atau aplikasi yang terpasang di Windows 10.

Perintah “list” di Winget itu digunakan untuk menampilkan daftar semua program yang terpasang di sistem operasi pengguna, sementara perintah “uninstall” memungkinkan pengguna untuk untuk menghapus semua aplikasi yang telah terpasang, bahkan yang belum terpasang sebelumnya menggunakan Paket Pengelola.

Karena pembaruan di Paket Pengelola Winget Windows 10 ini masih dalam tahap peninjauan, pengguna diharuskan tergabung dalam program Windows Insider untuk bisa memasangnya melalui Microsoft Store atau memasangnya secara manual dari halaman perilisan Github berikut ini.

Begitu Winget telah terpasang, pengguna bisa membuka program Command Prompt atau PowerShell dan mengetik Winget untuk melihat dokumentasi program tersebut.

Daftar Fitur Paket Pengelola Winget Windows 10

Untuk melihat fitur eksperimental yang ada di Winget dan mengetahui telah aktif atau tidak, bisa menggunakan perintah “winget features” tanpa tanda kutip. Kemudian untuk mengaktifkan fitur eksperimental, bisa mengetik perintah “winget settings” tanpa tanda kutip.

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.