kabinetrakyat.com – Dengan perut yang lapar, warga Republik Demokratik Korea mendongkol menatap anak pejabat. Betapa tidak? Mereka susah makan tiga kali sehari sedangkan anak pemimpinnya selalu tampil mewah dan berkelimpahan.

‘Pekik dalam diam’ ini kabarnya terdengar dari rakyat Korea Utara, negeri yang dipimpin Kim Jong-Un . Di negara yang mengaku berideologi komunis dan anti-kapitalisme ini, kesenjangan ekonomi malah terasa menganga antara rakyat dengan pejabatnya.

Diberitakan Radio Free Asia (RFA), Rabu (1/3/2023), kondisi rakyat Korea Utara saat ini mengalami kemalangan.

Para pakar Korea Selatan (Korsel), seperti dilaporkan Associated Press awal pekan ini, memperkirakan Korut akan kekurangan 1 juta ton biji-bijian tahun ini, sekitar 20 persen dari permintaan tahunan.

Di tengah kemelaratan rakyat jelata, Kim Ju Ae (9) tampil di publik dengan pakaian mewah. Kim Ju Ae adalah anak dari Kim Jong Un. Kekesalan warga Korut disampaikan secara sembunyi-sembunyi ke wartawan. Mereka benci banget melihat gadis kecil putri dari Kim Jong Un itu.

“Itu membuat saya marah karena situasi saya sangat sulit untuk dijalani, dan Kim Ju Ae, yang kita semua tahu dia makan dan hidup dengan baik, sering muncul di televisi dengan pakaian mewahnya,” tutur seorang warga Provinsi Pyongan Utara, yang tidak bisa disebut namanya karena alasan keamanan, kepada RFA.

Korut dilanda kekurangan pangan kronis dan kemiskinan yang meluas, yang membuat warganya berjuang keras untuk bisa bertahan hidup. Laporan-laporan media pemerintah Korut soal Kim Jong Un dan putrinya yang menghadiri acara-acara publik telah marah banyak orang di negara itu.

Selanjutnya, gaya rambut dan kemunafikan Kim Jong Un:

Kim Ju Ae yang disebut sebagai ‘anak tercinta’ dari Kim Jong Un muncul mengenakan mantel panjang berkerah bulu dan dilengkapi kancing emas, dihiasi oleh bros emas dan sarung tangan kulit berkualitas tinggi. Tatanan rambut Kim Ju Ae juga sangat berkelas dan rapi.

Publik Korut menyadari bahwa Kim Ju Ae terlihat sehat dan tumbuh besar dengan baik, dengan wajahnya terlihat bersih, kulitnya putih, pipinya berona merah muda dan tampak berseri.

“Orang-orang mengatakan hal-hal seperti, ‘Dia pasti makan dengan sangat baik, wajahnya begitu putih dan montok seperti bulan. Kebanyakan orang tidak bisa makan dengan layak sehingga tulang pipi mereka lebih menonjol di wajah mereka dibandingkan sebelumnya,” ucap sumber warga Korut yang dikutip RFA.

Warga Korut yang tinggal di ibu kota Provinsi Pyongan Selatan, sebut tiga sumber yang dikutip RFA, bahkan membandingkan penampilan Kim Ju Ae dengan anak-anak kurus yang tinggal di lingkungan mereka.

“Mereka marah melihat wajah putih montok dari Anak Tercinta yang sangat sering muncul dalam propaganda. Mereka menyebut dia terlihat sangat berbeda dengan anak-anak orang biasa, yang bahkan tidak bisa makan tiga kali sehari karena kekurangan makanan,” ucap salah satu sumber yang dikutip RFA.

Para pakar Korea Selatan (Korsel), seperti dilaporkan Associated Press awal pekan ini, memperkirakan Korut akan kekurangan 1 juta ton biji-bijian tahun ini, sekitar 20 persen dari permintaan tahunan.

Sumber yang dikutip RFA menilai bahwa menunjukkan putri Kim Jong Un dengan pakaian mewah menjadi tindakan munafik ketika pemerintah Korut menghukum anak-anak seusia siswa sekolah menengah yang dianggap mengikuti kebudayaan kapitalis karena memanjangkan rambut atau mengikuti tren fesyen.

“Pakaian dan penampilan Kim Ju Ae sepenuhnya berbeda dari gadis remaja biasa,” sebut salah satu sumber yang dikutip RFA.